Kisah James Robinson Risner, Pilot Milter Amerika, Kejar Hingga ke China untuk Tembak Jatuh Pesawat MiG Saat Perang Korea, Jadi Tawanan Saat Perang Vietnam, Selamatkan Temannya dengan Hidung Pesawatnya

K. Tatik Wardayati

Penulis

Pilot Amerika James Robinson ‘Robbie’ Risner, kejar MiG saat Perang Korea dan jadi tawanan saat Perang Vitenam.

Intisari-Online.com – James Robinson ‘Robbie’ Risner adalah seorang pilot militer Amerika.

Ia menerima penghargaan ganda Air Force Cross dan pahlawan Perang Korea dan Vietnam.

Lahir pada 16 Januari 1925, dari keluarga miskin Arkansas, Risner berjuang sepanjang masa kanak-kanaknya, bekerja sejak usia dini, untuk membantu perekonomian keluarganya.

Kemudian bersama keluarganya pindah ke Oklahoma.

Baca Juga: Inilah 6 Pilot Amerika Hebat saat Perang Dunia II dalam Operasi Militer Afrika Utara, dari Jatuhkan Enam Pesawat Musuh Hingga Terseret Parasut yang Tak Bisa Dilepaskan

Pada saat dia di sekolah menengah, Risner sudah memiliki serangkaian pekerjaan, bekerja di pengiriman surat kabar, sebagai pesuruh, asisten di toko obat, dan sebagai tukang las.

Ketika ayahnya berhasil mengembangkan bisnis penjualan mobil bekas, Risner membantu memolesnya.

Dia menerima pendidikan agama sebagai anggota Majelis Pertama Gereja Tuhan.

Di masa mudanya, James Risner terpesona dengan dua hal, yaitu kuda dan sepeda motor.

Baca Juga: Pilot Amerika yang Bosan, Gunakan Pesawat Mereka untuk Bikin Es Krim Saat Perang Dunia II, Bagaimana Caranya?

Keduanya akhirnya memainkan perang penting dalam hidupnya.

Kemudian dia mendaftar di Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1943, menyelesaikan pelatihannya pada tahun 1944 dengan pangkat Letnan 2.

Setelah sekolah penerbangan, Risner dipindahkan ke Panama, untuk bertugas sebagai bagian dari Skuadron Tempur ke-30.

Pada tahun 1946, saat mengejar hasratnya pada sepeda motor, dia mengalami kecelakaan saat tidak bertugas, yang membawanya ke rumah sakit Angkatan Darat.

Di sana dia bertemu Kathleen Shaw, seorang perawat yang merawatnya. Keduanya diberhentikan dari Angkatan Darat dan segera menikah setelah itu.

Selama kehidupan sipilnya, James Risner tidak memiliki banyak keberuntungan dalam mempertahankan pekerjaan.

Risner kemudian bergabung dengan Pengawal Nasional Udara Oklahoma, di mana dia bisa sering terbang, menggunakan Pesawat Mustang P-51 Pengawal Nasional, yang membuatnya tetap bugar.

Pada suatu kesempatan, dia terjebak dalam badai dan terpaksa mendarat, baru kemudian menyadari bahwa dia mendarat di wilayah Meksiko.

Dia bertemu dengan singkat dengan beberapa bandit, untunglah berakhir dengan baik untuknya sehingga dia berhasil terbang kembali ke Amerika.

Baca Juga: Kisah Pilot Tempur Amerika yang Tembak 7 Pesawat Jerman, 1 Pesawat Italia, 1 Pesawat Jepang, dan 1 Pesawat Amerika yang Ditumpanginya!

Risner menerima teguran tidak resmi dari kedutaan Amerika karena menerbangkan pesawat ke wilayah kedutaan negara asing, tetapi karena alasan diplomatik, penerbangan tersebut secara resmi diabaikan.

Ketika Perang Korea meletus, Risner dengan senang hati bergabung dengan Angkatan Udara sekali lagi.

Risner dipanggil kembali untuk bertugas aktif pada Februari 1951 dan ditempatkan di Skuadron Tempur Taktis ke-185 di Oklahoma.

Dia kemudian dilatih untuk menggunakan F-80 Shooting Star, jet tempur operasional Amerika pertama, yang dirancang selama Perang Dunia II, tetapi digunakan secara aktif di Korea.

Pada hari terakhir sebelum pergi ke luar negeri, Risner jatuh dari kuda dan lengannya patah, namun dia tidak akan membiarkan cedera itu menghentikan tindakannya, dia pun menyembunyikan luka itu.

Bahkan dia berhasil mengelabui seorang ahli bedah bahwa lukanya telah sembuh, padahal dia melepaskan gipsnya sendiri, untuk dapat menerbangkan misi tempur pertamanya.

Pada tanggal 10 Mei 1952, Risner ditugaskan ke markas Kimpo sebagai bagian dari Skuadron Pengintaian ke-15.

Pada bulan Juni, Skuadron Fighter-Interceptor ke-336 sedang mencari pilot yang berpengalaman, jadi James menemukan kesempatan untuk akhirnya menerbangkan jet tempur dan berpartisipasi dalam pertempuran.

Risner dikenal karena jet F-86E-10 miliknya yang menampilkan Bugs Bunny sebagai seni hidungnya.

Baca Juga: Pilot Amerika Ini Syok Saat Lolos dari Kematian Ketika Pesawat Kemanusiaan yang Ia Kendarai Dibakar Habis Oleh KKB Papua di Desa Terpencil Ini, Begini Kronologinya

Pesawat itu dijuluki Ohio Mike, dan Risner menerbangkan misi tersuksesnya di dalamnya.

Awalnya, dia tidak melihat ada pertempuran di unit baru dan mengambil cuti tiga hari ke Jepang.

Sekembalinya, ia langsung duduk di pesawat di tengah malam, karena ada laporan aktivitas MiG di daerah tersebut.

Empat jet F-86 Sabre diserang oleh empat belas jet tempur MiG 15.

Risner terbang memberikan bantuan F-86 dan berhasil menjatuhkan salah satu MiG.

Ini adalah kemenangan udara pertamanya yang terjadi pada tanggal 5 Agustus 1952.

Pada tanggal 15 September, Risner ditugaskan, di bawah tanda panggil "John Red Lead", untuk mengawal pesawat pembom tempur F-84 Thunderjet yang menyerang pabrik kimia di Sungai Yalu, dekat Laut Cina Timur.

Selama operasi ini, Risner terbang di atas bandara militer Antung di negara tetangga China.

Melawan satu MiG dengan kecepatan hampir supersonik di permukaan tanah, Risner mengejarnya di dasar sungai yang kering dan melintasi perbukitan rendah ke lapangan terbang 35 mil di dalam China.

Baca Juga: ‘Burung Walet Hitam Kematian’ Julukan Pilot Pesawat Tempur Eugene Bullard, Orang Kulit Hitam Pertama yang Tak Takut Bergabung dengan Prancis dalam Perang Dunia I

Dia mengejar MiG yang pilotnya menyampaikan lewat radio tentang jet tempur AS yang akan datang.

Dalam hitungan detik, senjata AA China diawaki dan ditembakkan ke Risner, yang berhasil menghindarinya sebisa mungkin.

Dia melanjutkan pengejarannya terhadap MiG yang sudah rusak parah. Risner menunggu momennya karena dia kehabisan amunisi pada saat ini.

Dia menghancurkan MiG dengan sisa 50 putaran CAL-nya. Ini semua terjadi di bandara Cina.

MiG kehilangan kanopi dan dibakar, sementara "John Red Lead" terus mengejarnya dalam ketinggian rendah.

Dia menembak jatuh di antara hanggar China dan pesawat musuh menabrak MiG lain yang diparkir, kedua pesawat musuh itu pun hancur.

Salah satu anggota pesawat, Letnan Satu Willard P. Dunbar kemudian melaporkan bahwa pilot MiG adalah seorang Rusia berkepala panas yang mengacungkan tinjunya untuk memberontak, ke arah Risner, beberapa saat sebelum jatuh.

Sekembalinya ke pangkalan, pilot Risner, Letnan 1 Joseph Logan tertabrak tangki bahan bakarnya di atas bandara Antung.

Kemudian Risner sekali lagi membuktikan sifat berani dan heroiknya.

Baca Juga: ‘Kemudian Langit Menjadi Milikmu’ Pahlawan Wanita Tanpa Tanda Jasa, Inilah Pilot Wanita yang Tidak Terjun Langsung di Medan Perang Dunia II Tapi Kemampuannya Tak Boleh Diragukan

Mereka terbang di atas laut lepas. Dia mencoba untuk mendorong pesawat Logan kembali ke pangkalan dengan mendorong hidung pesawatnya sendiri ke knalpot Logan sementara jetnya melayang di udara dengan mesin dimatikan.

Rencananya adalah untuk mendorong pesawat Logan ke dekat pulau Cho Do, tempat Angkatan Darat AS menempatkan pos helikopter di depan.

Penglihatan Risner atas tempat kejadian sangat tertutup oleh bahan bakar jet dan cairan hidrolik yang dimuntahkan dari pesawat Logan tepat ke kanopi Risner. Dia dipaksa memutuskan kontak.

Logan harus menyelamatkan diri dan sebelum dia melakukannya, dia mengirim radio ke Risner: "Sampai jumpa di pangkalan malam ini."

Meskipun dia berhasil melontarkan diri dari pesawat dengan cukup dekat pada pantai pulau Cho Do dan merupakan perenang yang tangguh, namun Logan terjerat dalam parasutnya dan tenggelam di laut.

Risner mematikan mesinnya sendiri untuk menghemat bahan bakar, tetapi akhirnya mesinnya mati, dan ia meluncur ke landasan buntu di Kimpo.

Segera setelah operasi ini, James Robinson Risner menjadi petarung jagoan dengan menjatuhkan MiG kelimanya.

Hingga akhir operasi militer Korea, Risner menerbangkan 108 misi tempur dan total menembak jatuh delapan jet MiG musuh.

Baca Juga: Kisah Pilot Rusia yang Hilang Selama 31 Tahun dan Ditemukan Masih Hidup di Afghanistan Diduga Jadi Tawanan Perang Pemberontak, Benarkah Dia?

Perang Vietnam

Setelah Perang Korea, ia menuju ke Vietnam, di mana ia membuktikan dirinya sebagai salah satu pilot terkemuka Angkatan Udara dengan menjatuhkan lebih banyak pesawat.

Sayangnya, dalam satu misi dia ditembak jatuh dan ditahan sebagai tawanan perang di Hanoi.

Tidak hanya selamat dari pengalaman yang mengerikan ini, tetapi dia membantu orang lain untuk bertahan hidup juga.

Di antara orang-orang yang ditangkap di Hanoi juga ada Kapten James Stockdale, yang kemudian menjadi Wakil Laksamana Angkatan Laut.

Tawanan perang lainnya, Komandan Everett Alvarez Jr. mencatat:

“Kami beruntung memiliki Risner. Dengan (Kapten James) Stockdale kami memiliki kebijaksanaan. Dengan Risner kami memiliki spiritualitas."

Risner dipromosikan menjadi kolonel setelah penangkapannya, dengan pangkat 11 November 1965.

Ia adalah bagian dari kelompok tahanan pertama yang dibebaskan dalam Operasi Homecoming pada 12 Februari 1973 dan kembali ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Kisah Pilot Hilliard Wilbanks, Terlahir untuk Terbang dan Bertarung, Tembakkan M16 dari Jendela Pesawat Cessna saat Perang Vietnam

Pada Juli 1973 Angkatan Udara Amerika Serikat menugaskannya ke Sayap Tempur Taktis ke-1 di Pangkalan Angkatan Udara MacDill, Florida, di mana ia siap tempur di F-4 Phantom II.

Risner kemudian dipindahkan ke Pangkalan Angkatan Udara Cannon, New Mexico, pada Februari 1974 untuk memimpin Divisi Udara 832d, di mana ia menerbangkan pembom tempur F-111 Aardvark.

Ia kemudian dipromosikan menjadi Brigadir Jenderal pada Mei 1974.

Pada 1 Agustus 1975, ia menjadi Wakil Komandan Pusat Senjata Tempur Taktis USAF di Pangkalan Angkatan Udara Nellis, Nevada dan pensiun dari Angkatan Udara pada 1 Agustus 1976.

Atas kematiannya, yang terjadi akibat stroke mendadak pada 22 Oktober 2013, Jenderal Mark A Welsh III menyatakan:

“Brigadir Jenderal James Robinson “Robbie” Risner adalah bagian dari kelompok legendaris yang bertugas dalam tiga perang, membangun Angkatan Udara, dan memberi kita contoh yang bertahan lama tentang keberanian dan keberhasilan misi… “

Baca Juga: ‘Mereka Tidak Membawa Peluru dengan Nama Saya’ Kisah Hardit Singh Malik, Pilot India Pertama dalam Perang Dunia I, Meski Pesawatnya Ditabrak Tapi Tidak Ada Bagian Penting yang Rusak

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait