Find Us On Social Media :

‘Burung Walet Hitam Kematian’ Julukan Pilot Pesawat Tempur Eugene Bullard, Orang Kulit Hitam Pertama yang Tak Takut Bergabung dengan Prancis dalam Perang Dunia I

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 16 April 2021 | 12:50 WIB

Eugene Bullard, pilot pesawat tempur orang hitam pertama.

Intisari-Online.com – Dalam sejarah, kisah seseorang hampir tidak bisa dijelaskan dalam kenyataan yang sebenarnya.

Seperti kisah pemuda berikut ini.

Mulanya ialah seorang pemuda pelarian di Georgia awal 1900-an, namun berikutnya dia adalah pilot pesawat tempur Perang Dunia I untuk Prancis.

Dia menjadi cerita yang cukup layak untuk diceritakan jika tidak ada hal lain yang luar biasa yang pernah terjadi sepanjang sisa hidup Anda.

Baca Juga: Kisah Pilot Rusia yang Hilang Selama 31 Tahun dan Ditemukan Masih Hidup di Afghanistan Diduga Jadi Tawanan Perang Pemberontak, Benarkah Dia?

Paling tidak, sejarah memiliki cara untuk mengisahkan kehidupan Eugene Bullard dalam keterlibatannya di Perang Dunia I.

Penyelundup transatlantik saat remaja, petarung pemenang hadiah di Inggris, anggota Legiun Asing Prancis yang dihormati, dan pilot pesawat tempur Afrika-Amerika pertama yang terbang tidak terlalu buruk untuk menjadi catatan dalam batu nisan seseorang.

Dijuluki sebagai "Burung Walet Hitam Kematian", ini adalah kisah Eugene Bullard yang tidak bisa dijelaskan.

Lahir pada tahun 1895 di Columbus, Georgia, Eugene Bullard belajar sejak dini dan dari pengalaman mengalami langsung diskriminasi yang dihadapi orang Afrika-Amerika di Ujung Selatan selama era itu.

Baca Juga: Kisah Pilot Hilliard Wilbanks, Terlahir untuk Terbang dan Bertarung, Tembakkan M16 dari Jendela Pesawat Cessna saat Perang Vietnam