Find Us On Social Media :

Jangan Salah! Dalam Kondisi Pemulihan Covid-19 dan Ketika Imun Lemah, Penyakit Jamur Hitam India Ini Bisa ‘Sambangi’ Tubuh Anda, Bahkan Mematikan, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 23 Juli 2021 | 12:45 WIB

Infeksi jamur hitam di India.

 

Intisari-Online.com – Jangan salah, meski dalam kondisi pemulihan Covid-19 dan ketika imunitas tubuh masih lemah, penyakit jamur hitam seperti di India ini bisa ‘sambangi’ tubuh Anda.

Menurut Kementerian Kesehatan India pada Selasa (20/7/2021), seperti melansir kompas.com, tercatat lebih dari 45.000 kasus jamur hitam yang mematikan selama dua bulan terakhir.

Bharati Pravin Pawar, Menteri Kesehatan Junior India, mengatakan kepada parlemen bahwa lebih dari 4.200 orang telah meninggal karena jamur dengan nama ilmiah mucormycosis tersebut.

Sebelumnya, kasus infeksi jamur hitam ini dianggap jarang, namun membengkak selama pandemi virus corona.

Baca Juga: Benar-Benar Tak Ada Habisnya Bencana di India, Tak Hanya Covid-19, Penyakit Misterius Infeksi Jamur Hitam Ternyata Membunuh 3.000 Orang dan Infeksi 41.000 Penduduk India

Dan kasus ini biasanya  menyerang pasien setelah sembuh dari Covid-19.

Jamur hitam adalah penyakit yang sangat agresif.

Saking agresifnya, ahli bedah pun terpaksa menghilangkan mata, hidung, dan rahang pasien, untuk menghentikan penyebarannya ke otak.

Menurut kantor berita AFP, tingkat kematian akibat jamur hitam ini di atas 50 persen.

Baca Juga: Sudah Ditetapkan Sebagai Pandemi Baru di India, Wabah Mengerikan Jamur Hitam Sudah Muncul di Amerika, Akankah Jadi Covid-19 Jilid 2?