Find Us On Social Media :

Cukup Lakukan Isolasi Mandiri Ketika Hasil PCR Positif Covid-19, Begini Panduan Isoman di Rumah dan Cara Dapatkan Obatnya, Haruskah Lakukan PCR Ulang Setelah Selesai Isoman?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 23 Juli 2021 | 08:05 WIB

Jangan asal sembarang minum obat untuk yang isolasi mandiri di rumah.

Intisari-Online.com – Beberapa waktu terakhir ini, kasus infeksi virus corona di Indonesia masih juga mengalami peningkatan.

Kasus positif Covid-19 diketahui dari hasil PCR yang kemudian akan merujuk Anda ke rumah sakit.

Namun, rumah sakit dan fasilitas kesehatan di sejumlah kota besar di Indonesia kini sudah tidak mampu lagi menampung pasien Covid-19 yang jumlahnya terus meningkat.

Oleh karena itu, pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala diminta untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Baca Juga: Bikin Malu, Pasien Covid-19 Indonesia yang Berkeliaran dengan Hasil PCR Istrinya Ini Sampai Diberitakan Media Luar, Begini Isinya

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi beban rumah sakit, yang sudah cukup membludak.

Sayangnya, isolasi mandiri ternyata tidak selamanya berjalan mulus.

Terkadang tidak tertangani dengan baik dan akhirnya meninggal dunia, bahkan beberapa di antaranya menimbulkan klaster baru di tingkat keluarga karena kurangnya pemahaman dalam melakukan isolasi mandiri.

Lalu, bagaimana kiat-kiat untuk menjalani isolasi mandiri di rumah?

Baca Juga: Sudah Lakukan Isolasi Mandiri, Inilah Saatnya Penderita Dinyatakan Sembuh dari Covid-19 dan Sudah Tidak Tularkan Virus Lagi, Perlukah Lakukan PCR Ulang?