Find Us On Social Media :

Sudah Lakukan Isolasi Mandiri, Inilah Saatnya Penderita Dinyatakan Sembuh dari Covid-19 dan Sudah Tidak Tularkan Virus Lagi, Perlukah Lakukan PCR Ulang?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 20 Juli 2021 | 08:40 WIB

ilustrasi Covid-19

Intisari-Online.com – Seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala disarankan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman).

Lalu, sesudah melakukan isolasi mandiri, kapankah saatnya penderita dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan sudah tidak menularkan virus lagi?

Perlukah mereka melakukan tes PCR lagi?

Pertanyaan itu pasti terbersit pada mereka yang melakukan isoman terkadang masih bertanya-tanya, kapan tubuh mereka dikatakan aman dan tidak lagi berpotensi menularkan virus pada orang lain?

Baca Juga: Namanya Bahkan Tak Pernah Disebut WHO, Vaksin Covid-19 yang Dibuat Negara Komunis Ini Malah Disebut Ampuh 100 Persen Mencegah Kematian, Vaksin Abdala Namanya

Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, menjelaskan bahwa virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bersifat self-limiting disease.

Itu berarti, penyakit ini sebetulnya dapat sembuh sendiri setelah periode infeksi selesai.

Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi tersebut memang bisa berlangsung lama.

Beberapa penyintas bahwa mengalami long covid atau gejala yang berkepanjangan hingga tiga bulan.

Baca Juga: Saat Indonesia Kolaps, Negara Miskin yang Paling Dikhawatirkan WHO Ini Malah Bebas Covid-19, Rumah Sakitnya Sampai Berdebu Karena Tak Merawat Satupun Pasien Covid-19