Find Us On Social Media :

Puluhan Ribu Warga Negara Asing Tercatat Masuk Indonesia Lewat Bandara Soekarno-Hatta dalam Satu Bulan Terakhir, Paling Banyak WNA China

By Khaerunisa, Kamis, 8 Juli 2021 | 08:15 WIB

Ilustrasi bandara

Intisari-Online.com - Baru-baru ini, kabar masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ke Indonesia menjadi perhatian masyarakat Indonesia hingga menuai kritik.

Bagaimana tidak, hal itu terjadi di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membenarkan ihwal masuknya 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Indonesia.

"Berdasarkan pantauan di lapangan diketahui bahwa TKA tersebut mendarat di Bandara Internasional Makassar, Kabupaten Maros, dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 20.25 Wita dari Jakarta," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (4/7/2021).

Baca Juga: Antisipasi Gelombang Baru Covid-19, Sejumlah Daerah Terapkan PPKM Darurat dan Percepat Vaksinasi

Bukan hanya WNA China saja, rupanya selama satu bulan terakhir, puluhan ribu Warga Negara Asing telah memasuki Indonesia.

Setidaknya sebanyak itulah WNA yang tercatat masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta,

Melansir Kompas.com (6/7/2021), Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta mencatat 24.594 warga negara asing (WNA) telah memasuki Indonesia melalui bandar udara internasional yang berada Kota Tangerang tersebut selama periode 1 Juni-6 Juli 2021.

Kabid Tikim Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Sam Fernando mengungkapkan, puluhan ribu WNA yang masuk itu berasal dari beberapa negara berbeda, dengan WNA China yang terbanyak.