Find Us On Social Media :

Terjadi Efek Samping setelah Divaksin atau Tidak Mengalaminya, Mana Respon Tubuh yang Lebih Baik? Ini Penjelasannya

By Khaerunisa, Minggu, 20 Juni 2021 | 15:50 WIB

Ilustrasi vaksin virus corona.

Intisari-Online.com - Efek samping setelah mendapatkan vaksin Covid-19 mungkin merupakan salah satu yang dikhawatirkan orang-orang.

Sejak vaksin Covid-19 mulai diberikan ke masyarakat, termasuk di Indonesia, efek samping vaksin menjadi salah satu yang diperbincangkan.

Sebagian orang mengalami efek samping vaksin seperti demam, pusing, juga badan pegal.

Meski begitu, tidak semua orang yang sudah divaksin mengalami efek samping tersebut atau lainnya.

Baca Juga: Tak Heran Virus Corona Varian Delta Membuat WHO dan Amerika Ketar-Ketir, Ternyata Munculnya Varian Baru Covid-19 Ini Bisa Sebabkan Skenario yang Jauh Lebih Buruk Ini

Merasakan efek samping vaksin Covid-19 mungkin merupakan pengalaman yang tidak mengenakan, namun, ini bukan hal yang perlu terlalu dikhawatirkan.

Efek samping vaksin sendiri merupakan tanda bahwa sistem imun penerima vaksin bereaksi atas vaksin yang telah dimasukan ke dalam tubuh.

Vaksin dibuat untuk memberikan kita imunitas terhadap suatu penyakit tanpa harus terkena penyakit tersebut terlebih dahulu.

Ketika menerima dosis vaksin, normal untuk mendapatkan beberapa efek samping ringan setelahnya. Lalu, bagaimana jika tidak mengalami efek samping setelah divaksin?