Find Us On Social Media :

Sikap China Atas Konflik Israel-Palestina: 'Kami Minta AS Memikul Tanggung Jawabnya'

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 17 Mei 2021 | 14:50 WIB

Pandangan China Terhadap Konflik Israel-Palestina

Intisari-Online.com - Dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB (DK PBB) yang diadakan pada hari Minggu, China telah menyarankan "solusi dua negara" dan mendesak AS untuk memikul tanggung jawabnya dalam menghentikan ketegangan Israel-Palestina yang meningkat pada.

Mengajukan proposal empat poin dalam konteks ketegangan yang sedang berlangsung, anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, Wang Yi mengatakan solusi "dua negara" adalah "... jalan keluar fundamental".

China, katanya, akan kembali mendorong dewan untuk mencoba dan menyetujui sebuah pernyataan.

Pertemuan PBB diadakan dengan latar belakang kekerasan di wilayah di mana hampir 200 orang, sebagian besar dari mereka warga Palestina termasuk puluhan anak, telah tewas sejauh ini.

Baca Juga: Setelah Iron Dome, Hamas Kini Targetkan Instalasi Gas Terpenting Israel dengan Roket-roketnya, Jika Berhasil Akan Jadi Pencapaian Besar

“China mendukung kedua pihak untuk melanjutkan pembicaraan damai berdasarkan “solusi dua negara ” secepat mungkin.

Yakni untuk mendirikan Negara Palestina merdeka yang menikmati kedaulatan penuh dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya dan berdasarkan pada perbatasan tahun 1967.

Juga agar secara fundamental mewujudkan hidup berdampingan secara damai antara Palestina dan Israel, mewujudkan hidup berdampingan yang harmonis antara negara-negara Arab dan Yahudi, dan mewujudkan perdamaian abadi di Timur Tengah,” kata Wang seperti dikutip oleh media resmi China pada debat virtual DK PBB tentang Palestina.

Wang mengatakan karena terhalang oleh AS, DK PBB belum dapat berbicara dengan satu suara pun tentang Palestina.

Baca Juga: Militer Israel Sejenak Disibukkan Evakuasi Korban Runtuhnya Sinagoge Dekat Yerusalem, Ratusan Korban Luka Parah