Find Us On Social Media :

Siapa Sangka Australia Awalnya Enggan Bantu Timor Leste Karena Ogah Berurusan Dengan Indonesia, Negeri Kangguru Takut Rugi Hal Ini Jika Senggol Indonesia

By Afif Khoirul M, Jumat, 14 Mei 2021 | 15:04 WIB

Sosok Jenderal Indonesia yang pernah Dituduh PBB melakukan kejahatan di Timor Leste.

Intisari-online.com - Pada masa invasi Indonesia ke Timor Leste tahun 1975, Indonesia memang mendapat kecaman dari dunia.

PBB berulang kali melakukan sidang, namun resolusi Dewan Keamanan selalu membuat Jakarta lolos dari sanksi pelanggaran HAM.

Alasannya tidak ada negara manapun yang bersedia melawan Indonesia, pada masa Perang Dingin.

Selain itu, invasi yang dilakukan Indonesia dipandang sebagai perang melawan komunisme yang diyakini menyebar di Timor Leste.

Baca Juga: Inilah Profil Negara Timor Leste, yang Miliki Media Harian Namun Sayangnya Tingkat Melek Huruf Rendah Jadi Batasi Jumlah Pembaca

Pada saat yang sama Barat memandang, melawan penyebaran Komunisme tak peduli dengan pelanggaran HAM, apapun yang dilakukan dan didominasi militer atas perang melawan Komunisme dibiarkan.

Dalam hal ini Timor Timur dirugikan, karena menjadi korban kebrutalan militer Indonesia.

Realitas itu terungkap dalam dokumen rahasia internal berlatar belakang PBB yang masih digunakan pejabat hingga saat ini.

Penghancurkan Vietnam oleh Amerika tentu masih segar dalam ingatan, bagaimana negeri paman Sam juga melakukan penghancuran atas nama perang melawan Komunisme.

Baca Juga: Bikin Kesepakatan Baru dengan Timor Leste, AS Dicurigai Berniat Bangun Pangkalan Militer di Bumi Lorosae, Amerika Cepat-cepat Mengelak dan Katakan Hal Ini