Find Us On Social Media :

Uni Soviet Mendahului AS Kirim Valentina Tereshkova sebagai Wanita Pertama yang Meluncur ke Luar Angkasa, Ini 6 Wanita Inspiratif yang Berhasil Menjelajahi Antariksa

By Khaerunisa, Jumat, 30 April 2021 | 15:45 WIB

Mae Jemison, salah satu perempuan menginspirasi yang telah menjelajahi antariksa.

Intisari-Online.com - Perlombaan luar angkasa berlangsung antara Uni Soviet dan Amerika Serikat di era Perang Dingin, salah satunya untuk menjadi pihak yang mengirim manusia pertama ke luar angkasa.

Uni Soviet berhasil mengirim manusia pertama ke luar angkasa mendahului AS, namun tak berhenti di situ, demi mengungguli musuhnya, Soviet kemudian juga mengirim wanita pertama ke luar angkasa.

Saat itu, sebagian besar misi luar angkasa didominasi oleh laki-laki. Kebijakan baru Uni Soviet merubah kondisi ini.

Dengan berbagai pertimbangan dan gengsi dalam perlombaan luar angkasa melawan Amerika Serikat, perempuan mulai diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Baca Juga: Hanya 2 Tahun setelah Keberhasilan Yuri Gagarin, Uni Soviet Catatkan Sejarah Baru Kirim Wanita Pertama ke Luar Angkasa, Ini Sosoknya

Namun ternyata bukan hanya Uni Soviet yang akhirnya mengirim wanita ke misi luar angkasa. Kebijakan baru itu pun kemudian diterapkan oleh AS.

Belakangan ini, kebijakan tersebut juga diterapkan oleh beberapa negara di dunia.

Setidaknya ada enam wanita inspiratif yang berhasil melakukan penjelajahan antariksa.

Berikut ini para wanita yang menginspirasi itu, melansir Kompas.com: