Find Us On Social Media :

Hanya 2 Tahun setelah Keberhasilan Yuri Gagarin, Uni Soviet Catatkan Sejarah Baru Kirim Wanita Pertama ke Luar Angkasa, Ini Sosoknya

By Khaerunisa, Jumat, 9 April 2021 | 12:55 WIB

Valentina Vladimirovna Tereshkova, kosmonot Rusia, wanita pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Intisari-Online.com - Keberhasilan Uni Soviet mengirim Yuri Gagarin sebagai orang pertama yang meluncur ke luar angkasa pada 1961 hanya permulaan, selanjutnya sederet rekor 'Luar Angkasa' lainnya dicapai Soviet.

Salah satu pencapaian lain Uni Soviet selama 'Perlomaan Luar Angkasa' adalah mengirim wanita pertama ke luar angkasa.

Dua tahun setelah keberhasilan Yuri Gagarin, tepatnya pada 16 Juni 1963 seorang kosmonot Soviet menjadi wanita pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Ia menyelesaikan 48 orbit dan 71 jam di luar angkasa, kemudian kembali ke bumi.

Baca Juga: Belka dan Strelka, Sepasang Anjing Pertama yang Selamat dari Misi Luar Angkasa Uni Soviet, Berkat Mereka Soviet Makin Percaya Diri Kirim Orang Pertama Meluncur ke Luar Angkasa

Dikatakan, ia menghabiskan lebih banyak waktu di luar angkasa daripada gabungan semua astronot AS hingga saat itu.

Pesawat Vostok 6 digunakan dalam misi wanita pertama yang pergi ke luar angkasa ini, setelah rencana awal untuk menggunakan Vostok 5 batal.

Hal itu karena Vostok 5 masih digunakan oleh kosmonot pria bernama Valey Bykovsky. Hal ini juga membuat hanya ada satu kosmonot wanita yang akhirnya diberangkatkan, membatalkan rencana awal untuk mengirim dua kosmonot wanita.

Lalu, siapa sosok yang mencatatkan sejarah jadi wanita pertama yang pergi ke luar angkasa itu?