Find Us On Social Media :

Kisah Lucu di Sekitar Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, saat Sosok Pemimpin Negara Ini Minum Air Kobokan di Rumah Makan Langganan Bung Karno, Ini yang Terjadi Selanjutnya

By Khaerunisa, Selasa, 27 April 2021 | 14:15 WIB

Presiden Sukarno bersama Presiden Mesir Gamal Abdul Naser dan Perdana Menteri India Pandit Jawaharlal Nehru.

Intisari-Online.com - Konfrensi Asia-Afrika tahun 1955 atau Bandung Conference, yang diselenggarakan di Bandung Indonesia, sampai saat ini terus diperingati.

Itu merupakan hari bersejarah di mana 29 negara Asia-Afrika berkumpul untuk membahas masalah yang tengah terjadi di dunia pasca Perang Dunia II berakhir.

Bahkan, diselenggarakannya Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, sempat membuat khawatir Menteri Luar Negeri Amerika John Foster Dulles.

Mengutip blackpast.org, Dulles menentang penyelenggaraan KAA dengan alasan bahwa pertemuan akan menawarkan forum bagi negara-negara Komunis untuk mengkritik Barat.

Baca Juga: Berkumpulnya 29 Negara dalam Konferensi Asia-Afrika Tahun 1955 yang Dipelopori Indonesia Menghebohkan Dunia, Ternyata Pertemuan Itu Juga Membuat Khawatir Negara-negara Barat, Kenapa?

Dia juga khawatir bahwa peserta konferensi tersebut akan mengutuk aliansi militer pimpinan Amerika dan Inggris seperti SEATO dan CENTO.

Pemerintah Inggris dan Prancis juga sangat prihatin tentang pengaruh KAA terhadap koloni mereka di Afrika.

Hingga pemerintah Inggris secara aktif melarang Gold Coast dan Federasi Afrika Tengah mengirimkan perwakilannya ke Konferensi.

Begitu pentingnya pertemuan ini bagi negara Asia-Afrika terutama yang baru merdeka, juga dianggap sebagai salah satu warisan Indonesia untuk perdamaian dunia, ternyata ada kisah lucu di sekitar KAA ini.