Find Us On Social Media :

Diplomasi Selesaikan Konflik Indonesia-Belanda, Sosok Ini Dikenal Jadi Ujung Tombaknya, Pimpin Perundingan dengan Belanda hingga Lakukan Diplomasi Beras ke India

By Khaerunisa, Senin, 12 April 2021 | 21:00 WIB

Bung Karno dan Sutan Syahrir. (ilustrasi) Diplomasi Selesaikan Konflik Indonesia-Belanda, Sosok Ini Dikenal Jadi Ujung Tombaknya, Pimpin Perundingan dengan Belanda hingga Lakukan Diplomasi Beras ke India

Intisari-Online.com - Ketika baru saja merdeka pada tahun 1945, Indonesia harus kembali melewati masa-masa sulit konflik Indonesia-Belanda.

Belanda tak mau mengakui kemerdekaan Indonesia meski telah dikumandangkan proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Belanda datang lagi ke Indonesia hendak kembali berkuasa di Tanah Air.

Sementara itu, upaya untuk menyelesaikan sengketa kedaulatan dengan Belanda dilakukan baik melalui pertempuran maupun jalur diplomasi.

Baca Juga: Negara Arab Dibuka oleh Mesir, Ternyata Vatikan Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia di Antara Negara-negara Eropa

Perlawanan terhadap pasukan Belanda terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Juga terjadi pembantaian rakyat sipil oleh Belanda.

Masa-masa kelam itu berakhir dengan disepakatinya hasil Konferensi Meja Bundar (KMB), di mana salah satu isinya yaitu Belanda mengakui kedaulatan Indonesia dengan pengakuan kedaulatan terjadi pada 27 Desember 1949.

KMB sendiri merupakan salah satu dari serangkaian upaya diplomasi yang telah dilakukan oleh Indonesia.

Berbicara tentang upaya diplomasi Indonesia untuk menyelesaikan konflik Indonesia-Belanda, sosok yang satu ini dikenal sebagai ujung tombak perjuangan tersebut.