Find Us On Social Media :

Pimpin Sidang Konferensi Asia Tahun 1955 yang Membuat Takjub Dunia, Inilah Ali Sastroamidjojo, Kiprahnya Sudah Ditunjukkan Sejak Muda

By Khaerunisa, Minggu, 14 Maret 2021 | 12:10 WIB

Ali Sastroamidjojo. Pimpin Sidang-sidang Konferensi Asia 1955 yang Membuat Takjub Dunia, Inilah Ali Sastroamidjojo, Kiprahnya Sudah Terlihat Sejak Muda

Intisari-Online.com - Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Asia atau dikenal juga dengan Konferensi Bandung yang diselenggarakan pada 18 April 1955.

Pertemuan yang digelar di Bandung itu terjadi dilatarbelakangi oleh kekhawatiran negara-negara Asia-Afrika, terutama yang baru merdeka, atas ketegangan yang terjadi antara kubu AS dan Uni Soviet setelah Perang Dunia II berakhir.

Saat itu, berlangsung persaingan ideologi antara AS dan Uni Soviet dalam memperebutkan pengaruh negara-negara lain atau yang dikenal sebagai Perang Dingin.

Indonesia ikut mempelopori diselenggarakannya Konferensi Asia tahun 1955 itu. Presiden Soekarno mengundang para pemimpin negara-negara yang baru merdeka di Asia dan Afrika ke Bandung.

Baca Juga: Berkumpulnya 29 Negara dalam Konferensi Asia-Afrika Tahun 1955 yang Dipelopori Indonesia Menghebohkan Dunia, Ternyata Pertemuan Itu Juga Membuat Khawatir Negara-negara Barat, Kenapa?

Dihadiri 29 pemimpin dari Asia Afrika, di mana mereka adalah perwakilan dari separuh penduduk dunia, pertemuan tersebut berhasil menyepakati Dasasila Bandung.

Pertemuan tingkat tinggi ini mengumpulkan negara Asia dan Afrika untuk membahas masalah yang tengah terjadi di dunia.

Banyak di antara peserta yang datang, khususnya di Afrika, mewakili danmenyampaikan aspirasi negara-negara yang masih dalam proses kemerdekaan.

Adapun isi Dasasila Bandung adalah sebagai berikut: