Find Us On Social Media :

Ancaman Perang Makin Meningkat, Kiev Siap Menyerang Jika Kremlin Tembus Perbatasan, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Ukraina

By Khaerunisa, Sabtu, 17 April 2021 | 19:35 WIB

Ilustrasi perbandingan kekuatan militer Rusia dan Ukraina

Intisari-Online.com - Ancaman perang semakin meningkat di antara dua negara bekas Uni Soviet ini, seperti apa perbandingan kekuatan militer Rusia dan Ukraina?

Pergerakan pasukan besar-besaran Rusia ke perbatasan dengan Ukraina memicu reaksi dari negera beribukota Kiev tersebut.

Pemerintah Ukraina, yang dipimpin oleh Presiden Volodymyr Zelensky, menuduh Moskow berencana menyerang Donbass, yang telah diduduki oleh separatis yang didukung Rusia sejak 2014.

Zelensky juga mengecam Kremlin karena menghasut kekerasan antara pasukan Ukraina dan pemberontak pro-Rusia di negaranya.

Baca Juga: Putus Asa Hadapi Tangguhnya Militer Rusia, Ukraina Ancam NATO dengan Ambil Tindakan Nekat Ini Jika Tak Segera Dimasukkan Menjadi Anggotanya

Sementara itu, Rusia membantah bahwa pihaknya bergerak menuju perang dengan Ukraina, meski tidak membantah pergerakan pasukan itu.

Kremlin mengklaim bahwa mereka hanya ingin melindungi orang Rusia di wilayah konflik.

Bagaimanapun pergerakan militer Rusia telah membuat marah Ukraina.

Mengutip express.co.uk (17/4/2021), seorang tentara Ukraina di di garis depan perbatasan Timur, Sersan Sasha Iovenko, mengatakan kepada The Telegraph, mereka siap menyerang jika Kremlin menerobos perbatasan.