Find Us On Social Media :

Viral Prajurit TNI Membelot Jadi Anggota KKB Papua, Ternyata Bukan Pertama Kalinya, Ternyata Sudah Banyak Anggota TNI yang Bergabung Kelompok Sparatis Papua, Bahkan Lakukan Penyerangan

By Afif Khoirul M, Sabtu, 17 April 2021 | 19:00 WIB

Lucky Matuan (kanan), mantan prajurit TNI yang membelot jadi anggota KKB Papua

Intisari-online.com - Belakangan ini viral anggota TNI menjadi pengkhianat Indonesia.

Dia adalah Lucky Y Matuan, yang sebelumnya pernah menjadi aggota TNI.

Ia dicap pengkhianat bangsa, Lucky Y Matuan alias Lukius, eks prajurit TNI di Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 400/Banteng Raiders kini jadi buruan utama.

Lukius yang sebelumnya berpangkat Pratu membelot ke KKB Papua saat ditugaskan di Kabupaten Intan Jaya.

Bahkan, Lukius disebut-sebut ikut dalam penyerangan KKB Papua di sejumlah pos di Intan Jaya.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa memastikan bahwa Likius kini telah menjadi musuh negara dan menjadi target utama pihak keamanan.

Baca Juga: Setelah Januari Lalu Bakamla Tangkap Kapal Peneliti China di Selat Sunda, Dua Kapal China Ini Terkunci Lagi di Radar Deteksi TNI, Ini Spesifikasi Kapal yang Sering Nyelonong ke Indonesia Itu

"Apalagi, dia membelot ke kelompok OPM, itu kan melawan negara, itu hukumannya berat, dia jadi sasaran utama itu," kata Suriastawa.

"Sekarang kami sedang kembangkan informasi (keberadaan Pratu Lukius), tapi kami tidak tahu sejauh mana (keterlibatannya dalam aksi KKB), sekarang dia jadi sasaran prioritas," kata dia.

Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo memastikan Lukius telah dipecat dari kesatuannya dan dicap sebagai pengkhianat negara.

Dia memastikan aparat keamanan akan menindak tegas jika bertemu dengan eks tentara tersebut.

Baca Juga: Kemarin Terus Mengelak, Akhirnya Pangkalan Militer Dibangun TNI AL di Perairan Natuna, Sekutu AS Ini Langsung Suntikkan Alutsista Baru ke Indonesia