Find Us On Social Media :

Tiba di Laut Hitam Akan Bantu Ukraina Melawan Rusia, Kapal Amerika Ini Langsung Putar Balik Setelah Vladimir Putin Lakukan Percakapan dengan Joe Biden, Apa yang Dibicarakan?

By Maymunah Nasution, Kamis, 15 April 2021 | 15:29 WIB

Kapal perusak AS yang putar balik di Laut Hitam setelah Putin mengadakan telepon dengan Joe Biden

Intisari-online.com - Pada 14 April, media Rusia mengutip sumber militer yang mengatakan bahwa dua kapal perusak Angkatan Laut AS, Donald Cook dan Roosevelt, tiba-tiba berubah arah, tidak pergi ke Laut Hitam seperti yang direncanakan tetapi beralih ke Pulau Kreta, Yunani.

Kedua kapal perusak itu kemudian berlabuh di pusat logistik Angkatan Laut AS di pelabuhan Souda, pulau terbesar di Yunani.

Kedua kapal itu tetap di sana sepanjang hari.

Pada malam hari, menurut data dari situs berita Marinetraffic.com, kedua kapal tersebut meninggalkan pulau dan tidak jelas ke mana rute yang akan datang, apakah mereka dapat melanjutkan perjalanan ke Laut Hitam atau di perairan Mediterania.

Baca Juga: Benua Eropa Makin Dipepet Peperangan, Rusia Ancang-ancang Siapkan Drone Mematikan Ini dan Tanam Radar Pengintai Ini di Benua Eropa Tak Hanya Ukraina

Ini terjadi setelah Presiden AS Joe Biden melakukan panggilan telepon tingkat tinggi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tujuan awal kedua kapal itu adalah menuju Laut Hitam sebagai sinyal untuk memperingatkan Moskow tentang manuver militer di dekat perbatasan Ukraina.

Sebelum kapal berangkat, sesuai ketentuan perjanjian internasional, pemerintah AS harus menginformasikan Turki mengenai seluruh rute kedua kapal perusak tersebut.

Laporan dimulai dari pangkalan angkatan laut Rota, Spanyol, melintasi selat, hingga ke Laut Hitam.

Baca Juga: Konflik dengan Ukraina Makin Menggila, Rupanya Rusia Pernah Diramalkan Bakal Memulai Perang Dunia III, Inilah yang Akan Terjadi