Find Us On Social Media :

Dimulai dengan Serangan Udara, Inilah Pertempuran Sengit Operasi Seroja, Pasukan Khusus Gabungan Indonesia vs Fretilin di Timor Leste

By Khaerunisa, Jumat, 2 April 2021 | 13:40 WIB

Sosok Jenderal Indonesia yang pernah Dituduh PBB melakukan kejahatan di Timor Leste.

Intisari-Online.com - Masing-masing pasukan khusus Indonesia tentu telah menjalankan berbagai operasi sejak pembentukannya.

Namun, salah satu operasi militer besar-besaran dan tak akan terlupakan yang pernah dijalankan pasukan khusus Indonesia adalah ketika mereka terjun ke Timor Leste pada akhir tahun 1975.

Itu adalah operasi militer bersandikan Operasi Seroja, dengan sasaran Timor Leste yang saat itu dikenal sebagai Timor Timur.

Operasi militer itu melibatkan pasukan khusus gabungan, dengan pasukan Lintas Udara Kostrad dan Kopassandha memulai invasi dengan mengeruduk Dili dari langit.

Baca Juga: HUT ke-59 Kopaska TNI AL: Terbentuknya Pasukan Khusus Indonesia Ini Berawal dari 'Ledakan di Dermaga Ujung Surabaya', Unjuk Kebolehan yang Membuat Bung Karno Terkagum-kagum

Itu terjadi pada dini hari tanggal 7 Desember 1975, terhitung 46 tahun yang lalu sejak saat ini.

Selain Lintas Udara (Linud), dalam operasi seroja juga dipraktikkan berbagai taktik militer, baik operasi Clandestine maupun pendaratan Amphibi oleh Korps Marinir.

Saat itu, musuh yang dihadapi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) adalah Fretilin/Falintil.

Fretilin merupakan Organisasi dan milisi yang mempertahankan Timtim kala itu.