Find Us On Social Media :

Matahari Masuki Babak Akhirnya, Hari Tanpa Bayangan Kini Hanya Tinggal Hitungan Hari, Catat Tanggalnya!

By Ade S, Kamis, 1 April 2021 | 17:05 WIB

Fenomena hari tanpa bayangan akan terjadi di wilayah Indonesia hingga Oktober mendatang.

Intisari-Online.com - Hari tanpa bayangan matahari yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia sejak akhir Februari 2021 akan segera usai seiring matahari yang memasuki babak akhirnya.

Fenomena hari tanpa bayangan matahari sendiri pada dasarnya bukanlah suatu fenomena yang langka menurut Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo seperti dilansir Kompas.com, Selasa (10/9/2019).

Saat fenomena ini terjadi, maka manusia dan objek lainnya yang berdiri tegak di suatu tempat dan suatu waktu tidak akan memiliki bayangan.

Hal ini disebabkan matahari sedang mencapai kulminasi atas (istiwa') atau mengalami kondisi transit.

Baca Juga: Gawat, Ilmuwan Sebut Bumi Terancam Kehabisan Oksigen, Semua Hewan dan Tumbuhan Akan Binasa, Manusia Harus Mencari Planet Lain Untuk Hidup, Ini Penjelasannya

Akibatnya, bayangan akan jatuh tegak lurus karena bertumpu pada benda itu sendiri. Orang-orang membahasakannya menjadi bayangan yang hilang atau tanpa bayangan.

Setiap hari di antara terbit dan terbenamnya, Matahari menempuh lintasan khayali di langit yang tercermin dari dua parameter, yaitu altitud Matahari dan azimuth Matahari.

"Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari," jelas Andi Pangerang selaku Peneliti dari Pusat Sains Antariksa LAPAN dalam keterangan resminya melalui edukasi sains lapan.

Namun kini, fenomena hari tanpa bayangan ini disebutkan akan segera usai seiring dengan matahari yang memasuki babak akhirnya. Berikut ini penjelasannya?

Baca Juga: Pertikaian Gurun yang Ikut Mendidih Bersama Sengatan Matahari: Kala Iran Tuding Satu dari Tiga Negara Bajak Pesawat Penumpang Iran, Ketiganya Juga Tak Kalah Curigaan dengan Iran