Find Us On Social Media :

Mengenang Tahun 536, Tahun Terburuk untuk Hidup dalam Sejarah Umat Manusia, Bikin Pandemi Covid-19 Terasa Tak Ada Apa-apanya

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 8 Januari 2021 | 16:15 WIB

Tahun 536, tahun terburuk dalam sejarah.

Intisari-Online.com – Sepanjang tahun 2020 yang lalu, hampir selama sepuluh bulan kita dihadapkan pada wabah pandemi virus corona, bahkan hingga awal tahun 2021 pun kita tidak tahu kapan itu akan segera berakhir.

Apakah Anda  merasa bahwa tahun 2020 adalah tahun terburuk dalam hidup Anda?

Coba tanyakan sejarawan abad pertengahan Michael McCormick tahun berapa saat terburuk untuk hidup, dan dia akan memberikan jawaban: "536."

Bukan 1349, ketika Black Death melenyapkan setengah dari Eropa.

Baca Juga: Seorang Perawat Sampai Terduduk di Lantai karena Syok saat Seluruh Pasien Covid-19 di Sebuah ICU di Rumah Sakit Ini Meregang Nyawa karena Kehabisan Pasokan Oksigen

Bukan 1918, ketika flu menewaskan 50 juta hingga 100 juta orang, kebanyakan orang dewasa muda.

Tapi 536. Di Eropa, "Itu adalah awal dari salah satu periode terburuk untuk hidup, jika bukan tahun terburuk," kata McCormick, seorang sejarawan dan arkeolog yang mengetuai Inisiatif Universitas Harvard untuk Sains Masa Lalu Manusia.

Kabut misterius menenggelamkan Eropa, Timur Tengah, dan sebagian Asia ke dalam kegelapan, siang dan malam, selama 18 bulan.

"Karena matahari memancarkan cahayanya tanpa kecerahan, seperti bulan, sepanjang tahun," tulis sejarawan Bizantium Procopius.

Baca Juga: Bagaimana Pandemi Flu Mengubah Halloween pada tahun 1918, Meski Dilarang Tetap Saja Sebagian Orang Merayakan Halloween