Opium untuk Revolusi Indonesia: Ketika RI Jual Candu 22 Ton Bakal Bayar Gaji Pegawai Pemerintah dan Barter dengan Senjata yang Diselundupkan ke Republik Indonesia

Muflika Nur Fuaddah

Penulis

Perjanjian Renville dan Opium

Intisari-Online.com - Sejarah selalu menyimpan cerita uniknya tersendiri.

Begitu juga sejarah Indonesia, tahukah anda bahwa Indonesia pernah mengekspor opium alias candu hasil produksi dalam negeri?

Ekspor opium Indonesia terjadi di tahun 1948, ketika Indonesia tengah terlibat perundingan dengan Belanda mengenai kedaulatan negara Indonesia merdeka.

Perundingan yang berlangsung di kapal USS Renville milik Amerika Serikat, kelak dikenal sebagai perundingan Renville.

Baca Juga: Gengsinya Setinggi Langit, Korut Menolak Ajakan Korsel untuk Berdoa Bersama Saat Paskah, Cuci Otak Kim Jong-Un untuk Rakyatnya Mulai Tunjukkan Hasil

Kala itu, Menteri Keuangan RI dijabat oleh Alexander Andries Maramis atau A.A. Maramis, yang masuk dalam masa Masa Kabinet Hatta I.

Sebelumnya, Maramis juga pernah menjabat Menteri Keuangan pada masa Kabinet Amir Sjarifuddin.

Sejak saat itu, didampingi oleh Ong Eng Die sebagai Menteri Muda Keuangan, A.A. Maramis memang bertugas untuk mencari dana untuk membiayai angkatan perang, agresi militer dan berbagai perundingan.

Nah, pada masa Kabinet Hatta I inilah perdagangan vw (opium trade) dan emas ke luar negeri terjadi.

Baca Juga: Tanpa Sepengetahuan Dunia, Rusia Terdeteksi Kerahkan 3 Kapal Selam Nuklirnya Menuju Kutub Utara, Apa yang Mereka Rencanakan?

Dikutip dari buku berjudul “Organisasi Kementerian Keuangan - Dari Masa Ke Masa” yang diterbitkan Kementerian Keuangan, ekspor opium dilakukan atas usulan Maramis.

“Untuk menjaga hubungan ekonomi dengan dunia jika perjanjian Renville tidak dapat diselesaikan, Hatta menerima usulan Menteri Keuangan A.A. Maramis untuk melakukan hubungan ekonomi dengan negara lain dengan menjual candu ke luar negeri,” tulis buku tersebut, dikutip pada Minggu (28/3/2021).

Maramis yang usulannya diterima, lantas melaksanakan perdagangan candu (opium trade) dan emas ke luar negeri pada akhir Februari 1948.

Sebagian dari hasil ekspor opium digunakan untuk menggaji pegawai pemerintah di masa itu.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Diwarnai Pertumpahan Darah, Bahkan Terjadi Usai Peristiwa yang Menggembirakan Bagi Sebagian Besar Rakyat Timor Leste Ini

“Tujuan perdagangan candu dan emas ini adalah untuk membentuk dana devisa dari luar negeri untuk membiayai pegawai perwakilan pemerintah RI di Singapura, Bangkok, Rangoon, New Delhi, Kairo, London dan New York dan barter dengan senjata yang diselundupkan ke daerah Republik Indonesia,” beber buku tersebut.

Tak tanggung-tanggung, dikatakan bahwa Maramis berhasil menjual 22 ton candu mentah.

Opium tersebut berasal dari pabrik candu di Salemba yang sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Mengenal Pabrik Opium Salemba

Di masa penjajahan Belanda, opium alias candu bukanlah barang terlarang di wilayah Hindia Belanda.

Baca Juga: Jangan Anggap Sebelah Mata Lelucon Tentang Lama Perang Diponegoro, Pemenang Perang Tersingkat dalam Sejarah Nyatanya Malah Sudah Dapat Diketahui Lebih Cepat dari Itu

Belanda bahkan mendirikan Pabrik Opium yang terletak di pinggir jalan raya Kota Batavia Centrum (Weltervreden-Jakarta Pusat).

Lokasi tersebut saat ini berada dalam kawasan Gang Kenari, dekat Universitas Indonesia (UI), Salemba, Jakarta Pusat.

Dari wilayah itulah ribuan butir candu dihasilkan tiap hari dan juga didistribusikan ke seluruh kepulauan Nusantara.

Pabrik tersebut bahkan didukung jalur distribusi yang memadai melalui sarana perkeretaapian.

Baca Juga: Jadi Pemuas Nafsu Tentara Jepang, Penderitaan Wanita Bumi Lorosae Sisi Kelam Sejarah Timor Leste, Tak Berdaya Hanya Bisa Pasrah saat Keluarga Dipertaruhkan

Dikutip dari laman resmi PT KAI, dikatakan bahwa memang dulu pernah terbangun Stasiun Salemba di wilayah tersebut.

“Posisi Stasiun Salemba sangat strategis sehingga memiliki peran penting sebagai percabangan kereta api,” tulis KAI, dikutip Minggu (28/3/2021).

Dari Salemba ke arah timur jalur bercabang menuju Jakarta melalui Pasar Senen ataupun menuju ke jatinegara-Bekasi.

Sedangkan ke arah Barat terdapat jalur cabang ke Jakarta ataupun Bogor.

Baca Juga: Punya Plot Twist Penculikan Paling Mengejutkan Sepanjang Sejarah, Inilah Kisah Patricia Hearst, Saat Korban Penculikan Malah Dijatuhi Hukuman Puluhan Tahun Ketika Berhasil Ditemukan

Kemudian lurus terus ke arah barat jalur bercabang ke Tanah Abang dan Anyer-Banten.

Namun, pada tahun 1913, Staatssporwegen atau SS selaku perusahaan kereta api pemerintah Hindia Belanda menata ulang jalur kereta api di Jakarta.

Stasiun Boekitdoeri eks-NISM dibongkar dan dibangunlah Stasiun Manggarai yang diresmikan pada tanggal 1 Mei 1918.

SS juga membangun Balai Yasa Manggarai sebagai tempat perbaikan lokomotif dan kereta, serta membangun jalur kereta api menuju Jatinegara melalui rute seperti sekarang ini.

Baca Juga: Tinggal Ongkang-ongkang Kaki, Penduduk Ini Sudah Bisa Dapatkan Emas Gratis Seperti yang Diburu Warga Maluku Tengah, Tapi Dampaknya Malah Mengguncang Dunia

Penataan ulang ini membuat peranan Stasiun Salemba tergantikan oleh Stasiun Manggarai.

“Hal ini dapat dibuktikan dengan mulai tidak beroperasinya jalur yang melewati Stasiun Salemba.

Pada peta Batavia tahun 1925, jalur cabang Stasiun Salemba – Stasiun Pasar Senen sudah tidak beroperasi.

Kemudian cabang Stasiun Salemba - Jatinegara pada peta tahun 1945 sudah tidak terlihat lagi,” kata KAI.

Kendati demikian, Stasiun Salemba masih beroperasi untuk melayani pengangkutan opium melalui Pabrik Opium – Stasiun Salemba – Jakarta.

“Pabrik Opium yang diperkirakan dibangun tahun 1901 ini berada di seberang Stasiun Salemba dan memiliki jalur kereta khusus menuju Stasiun Salemba. Namun, pada tanggal 2 September 1981 Stasiun Salemba berhenti beroperasi setelah Pabrik Opium Salemba ditutup,” tulisnya.

Baca Juga: Dokumentasikan Bukti Penting Sejarah Timor Leste, Inilah Max Stahl, Sosok Wartawan yang Berjasa Bagi Perjuangan Kemerdekaan Bumi Lorosae

Sekarang, bekas Pabrik Opium Salemba masih dapat dilihat dan dipergunakan sebagai kompleks Pascasarjana Universitas Indonesia.

Akan tetapi bekas-bekas dari jalur kereta api di Stasiun Salemba sudah sulit ditemukan.

“Peninggalan yang masih tersisa adalah jembatan rel kereta api di sisi barat stasiun yang sudah tidak terlihat bekas jalan kereta api. Kini jembatan tersebut masih berdiri kokoh dipergunakan sebagai jembatan penyebrangan warga sekitar,” tandas KAI

(*)

Artikel Terkait