Find Us On Social Media :

Jangan Anggap Sebelah Mata Lelucon Tentang Lama Perang Diponegoro, Pemenang Perang Tersingkat dalam Sejarah Nyatanya Malah Sudah Dapat Diketahui Lebih Cepat dari Itu

By Ade S, Sabtu, 27 Maret 2021 | 19:21 WIB

Anekdot Perang Diponegoro Hanya Berlangsung dalam Hitungan Menit Nyatanya Benar-benar Terjadi, Kedua Negara Ini Bertempur Hanya Dalam Hitungan Menit

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda mendengar anekdot tentang berapa lama Perang Diponegoro alias Perang Jawa yang dipimpin Pangeran Harya Dipanegara berlangsung?

Dalam anekdot tersebut, Perang Diponegoro disebutkan hanya berlangsung selama limat menit, yaitu dari pukul 18.25 sampai pukul 18.30.

Lelucon ini kadang diiringi dengan menyebut bahwa Perang Diponegoro merupakan perang tersingkat yang pernah berlangsung sepanjang sejarah.

Padahal, tentu saja Anda tahu bahwa ini benar-benar hanyalah sebuah anekdot, karena angka tersebut sebenarnya bukan menunjukkan jam melainkan tahun.

Baca Juga: 150 Tahun, Jalan Panjang Keris Pangeran Diponegoro untuk Pulang Menandai 'Reuni' Barang-barang Peninggalan Pemimpin Perang Diponegoro Itu

Perang Diponegoro, yang tentunya melibatkan Pangeran Diponegoro (nama lain dari Pangeran Harya Dipanegara) berlangsung selama lima tahun, dari tahun 1825 hingga tahun 1830.

Namun, pada kenyataanya, dalam sejarah umat manusia, sebuah perang pernah berlangsung (dan tentunya tercatat) hanya berlangsung tidak sampai 1 jam.

Bahkan pemenang perang sudah dapat diketahui dengan gamblang dalam waktu yang lebih pendek dibanding lama Perang Diponegoro versi anekdot.

Perang apakah yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Sentot Ali Basya, Panglima saat Perang Diponegoro yang Hidupnya ‘Ditelan oleh Sang Waktu’