Find Us On Social Media :

150 Tahun, Jalan Panjang Keris Pangeran Diponegoro untuk Pulang Menandai 'Reuni' Barang-barang Peninggalan Pemimpin Perang Diponegoro Itu

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 8 Maret 2020 | 16:19 WIB

Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Ingrid van Engelshoven (kiri); Duta Besar RI untuk Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja (tengah) dan Direktur Nationaal Museum van Wereldculturen, Stijn Schoonderwoerd (kanan) saat penyerahan keris Pangeran Diponegoro.

Intisari-Online.com - Sebilah keris milik Pangeran Diponegoro yang sempat tidak diketahui kabarnya, akhirnya ditemukan dan dikembalikan ke Indonesia.

Keris ini ditemukan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda, dan beberapa hari kemudian langsung diserahkan ke Museum Nasional Indonesia.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda.

"Saya bahagia bahwa penelitian mendalam ini, yang diperkuat ahli Belanda dan Indonesia, menjelaskan bahwa ini adalah keris yang dicari-cari selama ini."

Baca Juga: 'Besok Aku akan Mencoba Tertawa Melihat Ayahku Mati Selamanya', Satu dari Banyak Pesan Menakutkan dalam Sketsa Remaja Pembunuh Bocah 5 Tahun

"Sekarang keris ini dikembalikan ke negeri asalnya: Indonesia," ucap Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Inggrid van Engelshoven, dalam rilis yang dikeluarkan.

Selasa (3/3/2020) keris ini telah diterima Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja di Kedubes RI di Den Haag.

Kemudian pada Kamis (5/3/2020) Dubes Puja menyerahkannya langsung ke Kepala Museum Nasional Indonesia, Siswanto.

"Semoga hari ini menjadi berkat bagi kita semua. Karena hari ini merupakan momentum yang bersejarah dengan kembalinya keris Pangeran Diponegoro sejak keluar dari Tanah Air kita 150 tahun lalu," ucap Dubes Puja, dikutip dari Historia.id.

Baca Juga: Sketsa yang Dibuat ABG Pembunuh Bocah 5 Tahun Dianggap Mengerikan, 'Karya Seni' Para Psikopat Ini Juga Dijamin Bikin Bulu Kuduk Kita Berdiri