Find Us On Social Media :

Dokumentasikan Bukti Penting Sejarah Timor Leste, Inilah Max Stahl, Sosok Wartawan yang Berjasa Bagi Perjuangan Kemerdekaan Bumi Lorosae

By Khaerunisa, Kamis, 25 Maret 2021 | 13:15 WIB

Max Stahl di pemakaman Santa Cruz. Sosok yang dokumentasikan Bukti Penting Sejarah Timor Leste.

Intisari-Online.com - Sebuah video yang direkam oleh seorang wartawan Inggris bernama Max Stahl menjadi bukti penting sejarah Timor Leste dalam perjuangan kemerdekaannya.

Video itu merekam peristiwa Santa Cruz yang terjadi pada 12 November 1991, sebuah peristiwa yang juga sering disebut sebagai 'Pembantaian Santa Cruz'.

Nyawa rakyat Timor Leste berjatuhan akibat peristiwa tersebut, meninggalkan luka dan trauma bagi orang-orang yang selamat.

Peristiwa itu pula yang menjadi titik balik perjuangan kemerdekaan Timor Leste.

Baca Juga: Gulungan Film Ditimbun di Kuburan, Disembunyikan di Celana Dalam, Satu-satunya Bukti Video yang Menangkap Peristiwa Pembantaian Santa Cruz, Mengubah Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Timor Leste

Rekaman Stahl yang akhirnya sampai ke mata dunia tersebut membuat dunia internasional tidak bisa lagi memalingkan wajahnya atas apa yang terjadi di Timor Leste.

Selama berada di bawah kekuasaan pemerintah Indonesia, rakyat Timor Leste terbagi menjadi kelompok pro-integrasi dan kelompok pro-kemerdekaan.

Keduanya juga terlibat konflik, termasuk yang menewaskan Afonso Henriques dari kelompok pro-integrasi dalam perkelahian dan seorang aktivis pro-kemerdekaan Sebastião Gomes yang ditembak mati oleh tentara Indonesia.

Seperti diketahui, sejarah Timor Leste menunjukkan bahwa akhirnya kelompok pro-kemerdekaan mencapai cita-citanya pada tahun 1999, yang tak lepas dari dokumentasi oleh Max Stahl delapan tahun sebelumnya. Siapa Max Stahl?