Find Us On Social Media :

Dua Kekuatan Eropa Berebut Kekuasaan Membuat Pulau Timor Terbagi Dua, Ini Sejarah Timor Leste sebelum Kemerdekaannya

By Khaerunisa, Rabu, 24 Maret 2021 | 20:10 WIB

(ilustrasi) Sejarah Timor Leste

Intisari-Online.com - Sejarah Timor Leste sebelum kemerdekaannya penuh dengan penjajahan dari bangsa lain, termasuk Bangsa Eropa.

Dua kekuatan pernah berebut Pulau Timor, berakhir dengan dibaginya wilayah tersebut menjadi dua kekuasaan yaitu Timor Portugis yang sekarang menjadi Timor Leste dan Timor Belanda yang sekarang menjadi Nusa Tenggara Timur.

Itu mulai terjadi sekitar tahun 1600-an, jauh sebelum Timor Leste diinvasi Indonesia.

Seperti diketahui, Timor Leste menjadi bagian dari wilayah Indonesia selama 24 tahun, sejak invasi tahun 1975 hingga referendum tahun 1999.

Baca Juga: Padahal Sejarah Timor Leste Dijajah Portugis Ratusan Tahun, Tapi Dibanding Bahasa Indonesia Justru Bahasa Portugis Hampir Tidak Terdengar di Bumi Lorosae

 

Melansir Britannica.com, Portugis merupakan negara yang pertama menetap di Pulau Timor pada tahun 1522.

Sekitar 93 tahun kemudian, datanglah Belanda yang tak mau kalah untuk mengusasi pulau ini, tepatnya pada 1613.

Belanda dan Portugis berjuang untuk supremasi atas Timor. Dan kedaulatan Portugis atas bagian timur pulau itu diselesaikan dengan perjanjian pada tahun 1860 dan 1893, meskipun yang terakhir baru efektif pada tahun 1914.

Keberadaan dua kekuatan Eropa di Pulau Timor ini pun membuat Timor Leste terbagi menjadi dua, yaitu bagian timur yang dikuasai Portugis dan bagian barat yang berada di bawah kekuasaan Belanda.