Find Us On Social Media :

Padahal Sejarah Timor Leste Dijajah Portugis Ratusan Tahun, Tapi Dibanding Bahasa Indonesia Justru Bahasa Portugis Hampir Tidak Terdengar di Bumi Lorosae

By Khaerunisa, Sabtu, 13 Maret 2021 | 20:20 WIB

Pedagang aksesoris di Market Tais, di Timor Leste, Dili. (ilustrasi) Padahal Sejarah Timor Leste Dijajah Portugis Ratusan Tahun, Tapi Dibanding Bahasa Indonesia Justru Bahasa Portugis Hampir Tidak Terdengar di Bumi Lorosae

Intisari-Online.com - Sejarah Timor Leste dijajah Portugis ratusan tahun hingga diduduki Indonesia kurang lebih 24 tahun lamanya.

Namun, justru bahasa Portugis disebut hampir tidak terdengar di Timor Leste.

Bahasa Indonesia lebih banyak digunakan oleh penduduk Timor Leste.

Melansi Reuters (23/4/2007), Bahasa Portugis adalah salah satu dari dua bahasa resmi di Timor Leste, tetapi hampir tidak terdengar diucapkan di jalan-jalan negara termuda Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga: Sosok Penting dalam Sejarah Timor Leste, Inilah Xanana Gusmao, Memimpin Pasukan Gerilya hingga Ditangkap Tentara Indonesia

Negara kecil itu adalah koloni Portugis selama lebih dari tiga abad, tetapi diperkirakan hanya 5 persen dari satu juta penduduknya yang sekarang berbicara bahasa Eropa.

Setelah Lisbon membebaskan wilayah itu, Timor Leste diduduki oleh negara tetangga Indonesia selama 24 tahun sebelum memperoleh kemerdekaan penuh pada tahun 2002.

Di bawah pemerintahan Indonesia, bahasa Portugis tenggelam, kini penutur bahasanya sebagian besar hanya berasal dari elit politik atau orang tua yang berpendidikan di era kolonial.

Meskipun pemerintah berupaya untuk mendorong penggunaan bahasa Portugis sebagai bahasa resmi, namun bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa pengantar utama di sekolah menengah dan universitas, bersama dengan bahasa asli Tetum, dan bahasa nasional lainnya.