Find Us On Social Media :

800-an Kereta Beroperasi Setiap Hari, Ini Fakta-fakta Kereta Api Supercepat Shinkansen Jepang

By Khaerunisa, Sabtu, 13 Maret 2021 | 18:55 WIB

ilustrasi kereta api supercepat Shinkansen

Intisari-Online.com - Kereta api Shinkansen Jepang merupakan pelopor kereta api supercepat di dunia.

Meski kini kecepatannya telah tersaingi oleh kereta api China, namun Shinkansen masih termasuk salah satu kereta tercepat di dunia.

Melansir huffingtonpost.co.uk (2/6/2014), Shinkansen, juga dikenal sebagai 'kereta peluru', adalah jaringan jalur kereta api berkecepatan tinggi di Jepang.

Kini, jaringan Shinkansen terdiri dari beberapa jalur, menghubungkan sebagian besar kota besar di pulau Honshu dan Kyushu, dengan pembangunan penghubung ke pulau utara Hokkaido sedang berlangsung.

Baca Juga: Sempat Kehilangan Pekerjaan karena Biaya Pembangunan Kereta Shinkansen Jepang Membengkak, Inilah Hideo Shima Perancang Kereta Api Supercepat Pertama di Dunia

Bepergian dengan Shinkansen dapat dikatakan memang mahal, tetapi perjalanan menggunakan Shinkansen terkenal sebagai pengalaman yang sangat menyenangkan dan nyaman.

Berikut 9 fakta menarik seputar kereta api supercepat Shinkansen Jepang:

1. Rata-rata keterlambatan tak sampai satu menit.

Berdasarkan laporan tahun 2012, rata-rata keterlambatan Shinkansen dari jadwal per kereta adalah 36 detik, termasuk keterlambatan karena sebab yang tidak terkendali, seperti bencana alam.