Find Us On Social Media :

Tak Ada yang Bisa Memastikan Nasib Awaknya, Yuri Gagarin Dibekali Senjata Api saat Berangkat Jadi Orang Pertama yang Meluncur ke Luar Angkasa, Ternyata Ini yang Terjadi

By Khaerunisa, Selasa, 23 Maret 2021 | 08:40 WIB

(ilustrasi) Tak Ada yang Bisa Memastikan Nasib Awaknya, Yuri Gagarin Dibekali Senjata Api saat Berangkat Jadi Orang Pertama yang Meluncur ke Luar Angkasa, Ternyata Ini yang Terjadi

Intisari-Online.com - Tanggal 12 April tahun 1961 merupakan salah satu hari bersejarah bagi dunia, khususnya bagi Uni Soviet.

Hari itu, seorang pilot dan kosmonot angkatan udara Soviet lepas landas sebagai orang pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Kebanggaan bagi Uni Soviet dapat mencetak pencapaian itu sebelum Amerika Serikat berhasil melakukannya.

Perlombaan Luar Angkasa antara Uni Soviet dan AS sendiri dimulai dengan peluncuran satelit Soviet Sputnik 1 tahun 1957.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Vostok I yang Berhasil Bawa Orang Pertama yang Meluncur ke Luar Angkasa, Ini Pesawat Ruang Angkasa Lainnya yang Lakukan Hal Serupa, Bawa Lebih Banyak Orang!

Saat itu, AS hadir dengan Proyek Mercury, program penerbangan luar angkasa manusia pertama di Amerika Serikat, yang berlangsung dari tahun 1958 hingga 1963.

Berhasil mendahului AS mengirim manusia pertama ke luar angkasa, Uni Soviet memilih Yuri Gagarin dari puluhan kandidat.

Yuri Gagarin meluncur dengan misi Vostok I yang diluncurkan oleh program luar angkasa Uni Soviet, dan dirancang oleh insinyur Soviet Sergei Korolev di bawah pengawasan militer Kerim Kerimov dan lain-lain.

Meski persiapan dan serangkaian uji coba telah dilakukan sebelumnya, namun tak ada yang bisa memastikan apa yang akan terjadi dan bagaimana nasib awaknya.