Find Us On Social Media :

Tak Kalah dengan Vostok I yang Berhasil Bawa Orang Pertama yang Meluncur ke Luar Angkasa, Ini Pesawat Ruang Angkasa Lainnya yang Lakukan Hal Serupa, Bawa Lebih Banyak Orang!

By Khaerunisa, Sabtu, 20 Maret 2021 | 17:20 WIB

Vostok I. (Ilustrasi) Tak Kalah dengan Vostok I yang Berhasil Bawa Orang Pertama Meluncur ke Luar Angkasa, Ini Pesawat Ruang Angkasa Lainnya yang Lakukan Hal Serupa, Bawa Lebih Banyak Orang!

Intisari-Online.com - Pesawat ruang angkasa Vostok I milik Uni Soviet berhasil membawa Yuri Gagarin menjadi orang pertama yang meluncur ke luar angkasa.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada hari Rabu, 12 April 1961, dengan keberangkatan pada pukul 9.07 pagi waktu Rusia.

Vostok merupakan misi luar angkasa berawak pertama dalam program Vostok Rusia dan misi luar angkasa berawak manusia pertama dalam sejarah.

Ia diluncurkan oleh program luar angkasa Uni Soviet, dan dirancang oleh insinyur Soviet Sergei Korolev di bawah pengawasan militer Kerim Kerimov dan lain-lain.

Baca Juga: Nekat Langgar Protokol, Orang Pertama yang Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa Justru Teriakkan Kata Ini saat Keberangkatannya

Dalam perjalanan itu, Gagarin terbang dengan kecepatan 27.400 km/jam hingga ketinggian 327 km di atas permukaan Bumi.

Setelah menyelesaikan satu putaran orbit tunggal, Gagarin kembali mendarat dengan parasit karena mendaratkan kapsul di Bumi secara teknis tidak mungkin pada masa itu.

Selain itu, Vostok I dibangun untuk membawa hanya satu orang, juga ada jendela di dekat kaki Gagarin agar dia bisa melihat Bumi selama penerbangan.

Berikut ini pesawat ruang angkasa lainnya yang telah membawa manusia ke luar angkasa selain Vostok I, melansir abc10.com: