Find Us On Social Media :

Tangis Haru Warnai Putusan Majelis Hakim Sahkan Perubahan Nama Aprilia Manganang Jadi Aprilio Perkasa Manganang

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 Maret 2021 | 18:10 WIB

Aprilia Manganang ketika menjalani sidang perubahan nama.

Intisari-Online.com – Beberapa waktu lalu, mantan atlet voli putri timnas Indonesia, Aprilia Manganang, telah dinyatakan berjenis kelamin laki-laki.

Hal tersebut dipastikan oleh Kelapa Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa, dalam konferensi pers yang berlangsung pada Selasa (9/3/2021) lalu, seperti dimuat dalam kompas.com.

Menurut Andika Perkasa, Aprilia yang merupakan prajurit TNI aktif dengan pangkat sersan dua (serda) mengalami hipospada, suatu kelainan di saluran kemih atau uretra dan penis.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil rekam medis RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Adapun pemeriksaan meliputi kadar hormon testoteron, urologi, dan MRI.

Baca Juga: Kasusnya Mirip dengan Aprilia Manganang yang Berganti Kelamin Menjadi Pria, Inilah Karnah Soekarta, Altet Indonesia yaang Juga Berganti Kelamin Usai Semalam Tidur di Makam Bung Karno

Prajurit TNI Angkatan Darat, Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang menjalani persidangan perubahan nama yang digelar Pengadilan Negeri Tondano secara virtual, Jumat (19/3/2021).

Dalam persidangan tersebut, salah satu tim kuasa hukum Aprilia Manganang, Kolonel CHK Anggiat Lumban Toruan membacakan berkas permohonan perubahan nama, jenis kelamin, dan data administrasi kepada majelis hakim.

Dalam permohonannya, Anggiat mengajukan perubahan nama Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

"Mengganti identitas nama dari nama semula Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Manganang," kata Anggiat dalam permohonannya.

Baca Juga: Mengenal Hipospadia, Kondisi Bawaan yang Dialami oleh Aprilia Manganang, Mantan Atlet Timnas Voli Hingga Dipastikannya Menjadi Laki-laki