Find Us On Social Media :

Orang-orang Penting di Israel Ini Disebut sebagai Mata-mata KGB, Semua Dibeberkan dalam Dokumen Rahasia Soviet

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 13 Februari 2021 | 09:23 WIB

Mata-mata KGB Teratas di Israel Dibeberkan dalam Dokumen Rahasia Soviet

Intisari-Online.com - Moshe Sneh, anggota senior organisasi militer pra-negara Haganah dan kemudian anggota Knesset yang mewakili sayap kiri Mapam (Partai Persatuan Pekerja) dan Maki (Partai Komunis Israel), bertugas sebagai agen dari badan intelijen Soviet.

Identitasnya itu diungkap menurut laporan oleh jurnalis Ronen Bergman yang diterbitkan di Yedioth Ahronoth pada 2016 silam.

Menurut dokumen itu, Sneh memberikan informasi pada Rusia tentang kebijakan luar negeri Israel.

Itu merupakan sumber informasi yang dikirim oleh Kedutaan Besar Soviet di Tel Aviv ke Moskow mengenai sikap positif Menteri Luar Negeri Moshe Sharett terhadap Amerika Serikat.

Baca Juga: Hanya Untuk Bunuh Satu Orang, Mata-Mata Israel Mossad Sampai Gunakan 1 Ton Senjata Selundupan Plus 20 Orang, Targetnya Adalah Orang Penting Ini

Dia adalah salah satu orang Israel yang disebutkan dalam dokumen KGB sebagai agen intelijen Soviet.

Dokumen tersebut disalin oleh agen KGB Vasili Mitrokhin, yang membelot ke Inggris Raya pada tahun 1992.

Bagian pertama dari daftar, yang mencakup politisi, orang militer, personel layanan keamanan Shin Bet, karyawan industri pertahanan, jurnalis, ulama, dan diplomat asing yang bertugas di Israel.

Intelijen Inggris mengizinkan publikasi dokumen yang terkait dengan Israel, setelah merahasiakannya selama beberapa dekade.

Baca Juga: 'Tolong Jangan Terlalu Mengandalkan Inter AS', Peneliti WHO Sebut Intelijen AS Tidak Dapat Diandalkan untuk Selidiki Asal-usul Virus Corona