Find Us On Social Media :

'Tolong Jangan Terlalu Mengandalkan Inter AS', Peneliti WHO Sebut Intelijen AS Tidak Dapat Diandalkan untuk Selidiki Asal-usul Virus Corona

By Tatik Ariyani, Kamis, 11 Februari 2021 | 07:30 WIB

iIustrasi

Intisari-Online.com - Selasa (9/2/2021), misi Badan Kesehatan Dunia (WHO) di China berakhir.

Sayangnya, misi itu berakhir tanpa menemukan sumber virus corona.

Namun, para anggota harus berada dalam hubungan diplomatik selama mereka tinggal di China, sementara AS mendesak penyelidikan "kuat" dan China memperingatkan agar tidak mempolitisasi masalah tersebut.

Anggota misi khusus WHO ke China pada Rabu (10/2/2021) mengatakan bahwa intelijen AS tidak dapat diandalkan untuk menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19.

Baca Juga: Abaikan Teori Trump, Biden Pilih Jauhkan Diri dari Teori Kebocoran Virus Corona dari Lab China

Informasi digiring melalui akun Twitter pribadi mereka selama misi berlangsung, tetapi lebih banyak detail dan pendapat muncul saat mereka bersiap untuk meninggalkan negara komunis itu.

Peter Daszak, anggota tim WHO, terjun langsung ke dalam geopolitik suram yang meliputi masalah asal-usul pandemi Covid-19.

Presiden Joe Biden "harus terlihat tangguh terhadap China", kata Daszak setelah Washington meragukan transparansi penyelidikan di China, seperti yang dilansir dari AFP pada Rabu (10/2/2021).

Dalam sebuah tweet ia mengatakan, "Tolong jangan terlalu mengandalkan intel AS, semakin tidak terlibat di bawah Trump dan terus terang salah dalam banyak aspek."

Baca Juga: AS yang Paling Getol Ingin Usut Asal usul Virus Corona, Rupanya Tanggapan Biden Hanya Begini Saat Tahu Hasil Temuan Tim WHO di Wuhan yang 'Mengecewakan'