Find Us On Social Media :

Konflik Terjadi di Mana-mana, Belanja Militer Global Tahun Lalu Naik, Negara Manakah yang Terbesar?

By Tatik Ariyani, Rabu, 3 Februari 2021 | 16:18 WIB

Rudal DF-26

Intisari-Online.com - Setiap negara berupaya untuk mempertahankan kedaulatannya dengan memperkuat militernya.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni membuat anggaran untuk membeli sistem persenjataan, apalagi ketika konflik banyak terjadi di berbagai belahan dunia.

Lalu, negara mana yang mengeluarkan anggaran besar untuk membeli senjata?

Anggaran pertahanan global naik 1,9% menjadi total US$ 1,93 triliun pada 2020, Jane's Information Group, perusahaan intelijen sumber terbuka yang fokus dengan topik militer, mengatakan.

Baca Juga: Dikenal sebagai Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, GIGN Prancis Hampir Selalu Andalkan Senjata Ini saat Terjun dalam Misinya

"Total pengeluaran pertahanan global mencapai US$ 1,93 triliun pada 2020, naik hampir US$ 180 miliar dari US$ 1,75 triliun pada 2010," kata Jane's Information Group, Selasa (2/2), seperti dikutip TASS.

Hanya, Jane's Information Group memperkirakan, pertumbuhan belanja pertahanan global melambat pada 2021 akibat krisis yang disebabkan pandemi virus corona baru.

"Dengan semua wilayah, kecuali Eropa, Asia-Pasifik, dan Amerika Latin, kemungkinan akan menerapkan pengurangan nyata pada 2021, pertumbuhan pengeluaran pertahanan akan turun ke tingkat terendah sejak 2013," ujar Andrew MacDonald, Analis Utama di Jane's Information Group.

"Faktanya, yang terburuk dari dampak pandemi Covid-19 pada pendanaan militer kemungkinan akan turun pada 2022, ketika pemerintah mungkin mulai mengendalikan pengeluaran," imbuh dia.

Baca Juga: Pantas Saja Tak Gentar Meski Lawannya Negara Terkuat di Dunia Sekalipun, Ternyata Ini Senjata yang Digunakan Iran Untuk Menantang AS