Find Us On Social Media :

Ada Saja yang Memanaskan Hubungan, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan AS, China Tengah Dibuat Geram oleh Tuduhan AS

By Khaerunisa, Sabtu, 2 Januari 2021 | 16:10 WIB

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan AS

Intisari-Online.com - Berbagai pemicu membuat hubungan dua negara ini kian memanas seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan AS?

Seolah pemicu ketegangan China dan AS tak pernah habis, hubungan keduanya kian memanas belakangan ini.

Beberapa masalah terkait konflik China dan AS seperti tuduhan AS terhadap China yang menyebutnya tidak transparan dalam penanganan Covid-19, kebuntuan di Laut China Selatan, bentrok Taiwan, perang dagang, masalah Hong Kong, hingga Nuklir Korea Utara.

Sementara itu, kini China tengah dibuat geram dengan tuduhan AS yang mengatakan mendapatkan informasi bahwa China menawarkan uang kepada aktor non-negara di Afghanistan untuk menyerang tentara Amerika.

Baca Juga: Seperti Apa Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran? Kini Israel Waspada, Dapat Informasi Iran Tengah Siapkan Senjata Ini yang Bisa Dipakai Menyerangnya

Melansir voanews.com (31/12/2020), Laporan media menyebutkan Presiden AS Donald Trump baru-baru ini menerima informasi intelijen yang belum dikonfirmasi yang mengindikasikan bahwa China menawarkan uang kepada aktor non-negara di Afghanistan untuk menyerang tentara Amerika.

Seorang pejabat senior administrasi Trump pada Kamis mengkonfirmasi kepada VOA rincian "intelijen yang tidak diklasifikasikan" yang diterbitkan oleh situs berita Axios sehari sebelumnya. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim.

"Intelijen tersebut dimasukkan dalam briefing presiden pada 17 Desember, dan Trump secara lisan diberitahu tentang masalah tersebut oleh penasihat keamanan nasional Robert O'Brien," menurut Axios .

Menanggapi kabar tersebut, China melalui juru bicara Kementerian Luar Negerinya, mengatakan tuduhan tersebut sebagai "mencemari citra China" dan merusak hubungan antara kedua negara.