Penulis
Intisari-Online.com - Berdasarkan siaran pers yang diterbitkan pada 10 Februari 2021, galangan kapal Jerman, Abeking & Rasmussen, mengumumkan telah memulai membuat dua kapal penyapu ranjau untuk TNI AL.
Setiap kapal akan menampilkan paket propulsi hibrida MAN lengkap.
DIlansir dari Navy Recognition, sistem propulsi dari penyapu ranjau angkatan laut Indonesia yang baru akan mencakup dua mesin MAN 12V175D-MM yang menghasilkan 2.220 kW pada 1.900 rpm.
Sistem baling-baling ganda MAN Alpha CPP termasuk sistem kontrol propulsi Alphatronic 3000 untuk manuver yang efisien dan fleksibel dan PTI hybrid AKA sistem untuk operasi diam (kecepatan lambat dengan penggerak listrik murni).
Ben Andres, Kepala High-Speed Sales, MAN Energy Solutions mengatakan:
“Mesin 175D sangat cocok untuk aplikasi angkatan laut yang menuntut kekompakan dan konsumsi bahan bakar minyak terbaik di kelasnya."
"Ini selalu menjadi kriteria utama bagi pelanggan."
"Memberikan paket propulsi kepada kedua kapal ini juga memenuhi ambisi kami untuk semakin menjadi pemasok lengkap."
"Ini adalah pertama kalinya kami bekerja dengan Abeking & Rasmussen"
"Saya berharap dapat mengembangkan hubungan ini lebih lanjut di masa mendatang. "
Pesanan ini menambah mesin 12V175D-MM lainnya yang sudah beroperasi di atas beberapa kapal patroli Angkatan Laut Indonesia lainnya.
Bisnis baru ini menambah pesanan 175D yang dimenangkan MAN Energy Solutions akhir tahun lalu.
Hal itu termasuk 16 unit untuk empat korvet bagi Angkatan Laut Finlandia; dan paket propulsi lengkap untuk dua kapal patroli lepas pantai OPV-45 yang saat ini sedang dibangun di Israel Shipyards di Haifa untuk angkatan laut Afrika yang dirahasiakan.
MAN Energy Solutions telah mengembangkan rangkaian mesin MAN 175D untuk melengkapi portofolio produknya di sektor maritim.
Dalam tiga varian 12, 16 dan 20 silinder, mesin tersedia dengan output mulai dari 1.500 hingga 4.400 kilowatt dan dioptimalkan untuk kapal feri penggerak, kapal pemasok lepas pantai, kapal tunda dan kapal kerja lainnya.
Area pasar lain, seperti kapal pesiar super dan aplikasi angkatan laut juga dilayani oleh versi model spesialis tambahan.
Ini juga merupakan mesin yang sangat ramah lingkungan.
Yakni yang dirancang sejak awal dengan mematuhi persyaratan emisi gas buang terbaru, serta masa depan, dan menggunakan sistem SCR yang sangat kompak dan fleksibel.
Kemampuan itu yang memungkinkan perancang kapal untuk mengoptimalkan ruang di papan secara maksimal.
(*)