Find Us On Social Media :

Disengketakan Lebih dari Seabad! Inilah Pulau yang Diperebutkan Jepang dan Korea Selatan, Pantas Saja Tak Ada yang Mau Menyerah, Ternyata Ini Potensi Sumber Daya Alamnya

By Khaerunisa, Kamis, 28 Januari 2021 | 18:50 WIB

Pemandangan dari atas Pulau Dokdo, pulau yang diperebutkan Jepang dan Korea Selatan.

Intisari-Online.com - Sebuah pulau yang diperebutkan Jepang dan Korea Selatan menjadi salah satu sumber gejolak hubungan diplomatik keduanya.

Itu adalah pulau-pulau yang terdiri dari pulau utama dan sekitar 30 batu karang yang lebih kecil.

Letaknya di antara wilayah Korea Selatan dan Jepang, yaitu sekitar 211 kilometer dari pulau utama Jepang (Honshu) dan 216,8 kilometer dari daratan Korea Selatan.

Pulau ini punya banyak nama. Korea Selatan menamainya sebagai Pulau Dokdo dan juga beberapa nama lainnya, sementara menamainya Takeshima.

Baca Juga: Jumlahnya Paling Banyak Hanya 60 Buah, 'Kartu As' Korea Utara Ini Bikin Jepang dan Korea Selatan Tak Bisa Tidur, Bumerang dari 'Kebijakan Kesabaran Strategis' Obama

Namun, pulau itu juga dikenal sebagai Liancourt Rocks. Jika Anda melihat Google Maps, maka nama inilah yang disematkan di sana.

Nama Liancourt Rocks sendiri dibuat oleh pemburu paus Perancis pada tahun 1849.

Baik Jepang maupun Korea Selatan mengklaim pulau-pulau itu sebagai wilayahnya.

Sengketa pulau tersebut telah berlangsung sejak lebih dari seabad lalu, tepatnya tahun 1905, ketika Jepang resmi memasukan pulau itu sebagai wilayahnya.