Find Us On Social Media :

Bikin Belanda Tak Berkutik! Inilah Aksi Pemboikotan Ratusan Kapal Belanda di Australia Tahun 1945, Bukti Dukungan Tetangga terhadap Kemerdekaan Indonesia

By Khaerunisa, Kamis, 21 Januari 2021 | 13:40 WIB

(ilustrasi) Bikin Belanda Tak Berkutik! Inilah Aksi Pemboikotan Ratusan Kapal Belanda di Australia Tahun 1945, Bukti Dukungan Tetangga terhadap Kemerdekaan Indonesia

Intisari-Online.com - Aksi pemboikotan kapal-kapal Belanda di Australia menjadi salah satu bukti dukungan negara tetangga terhadap kemerdekaan Indoensia.

Pemboikotan kapal-kapal Belanda di Australia itu dijuluki peristiwa 'Black Armada'. Ketika itu, Belanda ingin kembali berkuasa di Indonesia yang baru memproklamasikan kemerdekaannya.

Akibat aksi pemboikotan tersebut, ratusan kapal perdagangan dan militer Belanda yang akan menuju Indonesia tak bisa melanjutkan perjalanannya.

Militer Belanda pun tak mampu mengirimkan logistik perang dari pangkalan Australia menuju Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Pembantaian 5 Jurnalis Australia di Timor Leste, Kisah Kelam Periode Invasi Timor Timur oleh Indonesia

Aksi tersebut dilakukan oleh Waterside Workers Federation (WWF) dan Australian Seamens Union in Sydney

WWF merupakan serikat buruk pelabuhan Australia, di mana para pekerja Indonesia di Australia juga turu bergabung dalam organisasi ini.

Para pekerja pelabuhan melakukan mogok kerja dan memblokir pelabuhan tempat perusahaan Belanda beroperasi.

Pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, WWF dan Australian Seamens Union in Sydney juga melakukan demonstrasi besar-besaran di Sydney, menuntut adanya penghapusan deskriminasi kerja dan pengakuan kemerdekaan Indonesia.