Find Us On Social Media :

Meski Banyak Dipuja Sekaligus Ditakuti Orang, Inilah Karisma Kelam Adolf Hitler, yang Miliki ‘Mesias Politik’ dan Hanyalah ‘Borjuis Kecil’ dengan ‘Kumis Kecil dan Gaya Rambut Aneh’

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 2 Januari 2021 | 09:30 WIB

Adolf Hitler

Intisari-Online.com – Adolf Hitler jauh lebih dari sekadar orang gila yang gila-gilaan dalam persepsi populer, kata Laurence Rees.

Inilah seorang politikus karismatik, brilian dalam mengartikulasikan ketakutan dan keinginan rakyat

Berhenti sejenak dan bayangkan Adolf Hitler. Bayangkan dia di benak Anda.

Siapa yang Anda lihat? Mungkin Anda membayangkan melihat sosok yang tidak berbeda dengan penggambaran Hitler dalam film Downfall (2004).

Karakter yang berteriak, agresif, dan tidak tertekan.

Baca Juga: Apa yang Terjadi dengan Uang Hitler Hasil Royalti Penjualan Buku Mein Kampf Miliknya, Setelah Kematiannya?

Bruno Ganz, yang memerankan Hitler di Downfall, mengguncang dan menjerit begitu banyak sehingga satu adegan utama dari film telah menjadi fenomena internet, dengan subtitel lucu pada sejumlah subjek diatur ke olok-olok Ganz yang luar biasa.

Tetapi memang benar bahwa di hari-hari terakhirnya Hitler kadang-kadang sangat tidak rasional, itu tidak mewakili seluruh sejarah.

Hitler menjadi kanselir Jerman pada Januari 1933 dengan cara demokratis.

Sejumlah besar elit Jerman, orang yang cerdas dan pandai, memutuskan untuk mendukungnya. Mengapa mereka mendukung orang gila?

Baca Juga: ‘Saya Tidak Menembak Orang yang Terluka, Tapi Saya Tidak Tahu Apakah itu Fuhrer’ Kisah Pria yang Tidak Menembak Hitler, Apa yang Terjadi Jika Saat Itu Hitler Tertembak dan Mati?