Find Us On Social Media :

Akan Mendominasi Lautan pada 2030, Inilah 5 Armada Angkatan Laut Terkuat di Masa Depan dengan Kepemilikan Kapal Induk dan Kapal Selam Rudal Balistik!

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 16 Desember 2020 | 15:41 WIB

Ilustrasi Angkatan Laut China

Intisari-Online.com - Angkatan laut paling kuat di tahun 2030 akan menjadi cerminan dari keadaan dunia yang lebih luas.

Beberapa negara berinvestasi dalam melestarikan tatanan internasional saat ini, dan melihat kekuatan angkatan laut sebagai sarana untuk mempertahankannya.

Negara-negara berkembang lainnya sedang membangun angkatan laut yang sepadan dengan rasa status mereka yang baru ditemukan, seringkali dengan tujuan untuk menantang tatanan itu.

Pergeseran ke arah timur dalam kekuatan angkatan laut akan berlanjut pada tahun 2030, akibat dari menurunnya anggaran pertahanan di Eropa dan pertumbuhan ekonomi di Asia.

Baca Juga: El Alamein; Perang Gurun Pasir Tunjukkan Kemenangan Inggris Atas Pasukan Jerman, dengan Menuangkan Banyak Baju Besi di Enam Jalur

Sementara angkatan laut paling kuat dari Perang Dingin sebagian besar terkonsentrasi di Eropa, pada tahun 2030 baik China dan India akan berada dalam daftar, dengan Jepang dan Korea Selatan sebagai runner-up yang juga menurunkan pasukan angkatan laut modern yang besar.

Dari segi kapal, ada dua kelas yang akan menentukan angkatan laut paling kuat: kapal induk dan kapal selam rudal balistik.

Kapal induk mencerminkan kebutuhan untuk mempertahankan kemampuan proyeksi daya global, atau bahkan regional.

Kapal selam rudal balistik mencerminkan pematangan dan diversifikasi persenjataan nuklir suatu negara, dengan tujuan untuk mempertahankan kemampuan serangan kedua jika terjadi serangan mendadak.

Baca Juga: Hanya Terjadi di Bolivia 'Bekas' Pemimpin Negara Diperlakukan Tidak Terhormat, Disoraki hingga Dilempari Kursi Saat Kampanye, Memang Apa Dosanya Sampai Dibenci Rakyatnya?