Find Us On Social Media :

Spesialisasinya Pertempuran di Udara, Tapi Pasukan Khusus Indonesia Ini Juga Mahir Menggilas Serangan Teror di Darat dan Laut, Latihannya Sangat Ketat!

By Khaerunisa, Minggu, 29 November 2020 | 19:06 WIB

Aksi latihan Sat Bravo 90, pasukan khusus Indonesia dari TNI AU

Intisari-Online.com - Satuan Bravo 90 merupakan pasukan khusus Indonesia dari TNI AU.

Selain memiliki pasukan elit bernama Pasukan Khas atau Paskhas, TNI AU memiliki 'pasukan lebih khusus' ini.

Anggota Satuan Bravo 90 terdiri dari sejumlah personel Paskhas pilihan.

Meski terbentuknya Satbravo 90 masih terhitung muda dilingkungan pasukan khusus TNI, yakni di tahun 1990, bukan berarti Bravo 90 jauh dari mumpuni.

Baca Juga: Hanya Gunakan Palu, Personel SAS Inggris Mampu Habisi Lawan yang Tangguh, Bukti Kehebatan Pasukan Khusus Terbaik Dunia, Begini Kisahnya

Semua ketrampilan layaknya pasukan khusus, yakni kemampuan bertempur tiga matra (darat, laut, dan udara) sudah dikuasai secara matang.

Tapi karena Satuan Bravo 90 merupakan pasukan khusus spesialiasasi pertempuran di udara, kelebihannya dibandingkan pasukan khusus lainnya adalah kemampuan mengoperasikan pangkalan udara termasuk bandara komersil, dan memahami seluk beluk beragam pesawat.

Sama seperti satuan lain TNI, operasi Sat Bravo 90 langsung di bawah Panglima TNI.

Tapi untuk misi-misi khusus di lingkup TNI, mereka bisa di-BKO-kan kepada Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI yang sekarang dinamai Badan Intelijen Negara (BIN).