Find Us On Social Media :

Lempar Batu Sembunyi Tangan, Kapalnya yang Sembrono Terobos Wilayah Laut Natuna, Tapi Malah Indonesia yang Dituduh Lakukan 'Trik Kecil' Ini di Laut China Selatan oleh Tiongkok

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 20 September 2020 | 15:25 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Intisari-Online.com - Sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok telah menerobos masuk ke perairan Indonesia - sekitar 1500 km dari daratan Tiongkok - bersikeras bahwa daerah tersebut adalah milik Beijing.

Sekarang Indonesia memobilisasi lebih banyak patroli untuk mengusir penyusup yang tidak diinginkan.

Dan ini hanyalah langkah terbaru dalam perjuangan yang meningkat untuk mengamankan stok makanan yang berkurang dengan cepat, analis internasional memperingatkan.

Pulau Natuna adalah pusat ketegangan antara kedua negara pada bulan Januari.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya Ungguli AS dan China, Rusia Miliki Rudal Hipersonik yang Kecepatannya 5 Kali Lebih Cepat, Tapi Trump Tidak Terima, 'Rusia Mencuri Teknologi Itu dari AS'

Dilansir dari News.com, Sabtu (19/9), awal pekan ini, pemotong China Coast Guard 5204 memasuki zona ekonomi eksklusif (ZEE) sepanjang 320 km di Indonesia.

Sementara hukum internasional mengizinkan 'jalur tidak bersalah' melalui ZEE, pejabat pemerintah Indonesia mengatakan kapal China itu tidak berperilaku tidak bersalah.

"Karena yang ini berhenti, lalu berputar-putar, kami menjadi curiga, kami mendekatinya dan mengetahui bahwa itu adalah kapal penjaga pantai China," kata Kepala Badan Keamanan Laut Indonesia, Bakamla, kepada media sebagaimana dilansir News.com, Sabtu (19/9).

Beijing segera menaikkan taruhannya.

 Baca Juga: Ogah Terus-terusan Dipermainkan AS Saat Ancaman dari China dan Korut Kian Mengobar Kencang, Jepang Bangun Senjata Militer Baru, Dijamin Bisa Goyang Seluruh Asia