Find Us On Social Media :

Beda Dengan yang Lain, Tiga Negara Asean Ini Berpikir Berbeda Mengenai Memilih Pihak dalam Potensi Terburuk Perang AS-China yang Merembet ke Asean, 'Lokasi Kami Terkutuk', Salah Satunya Indonesia

By Maymunah Nasution, Minggu, 20 September 2020 | 10:43 WIB

Laut China Selatan Makin Menggiurkan, Indonesia Temukan Cadangan Migas Sanggup Gelontorkan Ribuan Barel per Hari, Ini Lokasinya!

Intisari-online.com - Analis Asia sedang mempertimbangkan kasus terburuk dari latihan militer China yang semakin rutin.

Latihan yang dilakukan di dekat Taiwan itu serta ketakutan Laut China Selatan menjadi pusat peperangan Washington dan Beijing.

Hal ini membuat negara-negara di sekitarnya terjebak dalam posisi sulit, netral mungkin bukan pilihan.

Laut China Selatan menjadi perairan yang melintasi Asean dan sebabkan negara-negara Asean mau tidak mau terlibat dalam ketegangan itu.

Baca Juga: Kesaksian Mengerikan Personel KKO AL Saat Angkat 7 Jenazah Perwira Tinggi TNI AD Korban G30S di Sumur Lubang Buaya, Jasad Jenderal Ahmad Yani Paling Mengenaskan

Skenario melakukan latihan oleh analis dan pembuat kebijakan sudah dipikirkan, dan hal itu bisa merembet menjadi pertempuran militer antara dua negara ekonomi terbesar di dunia.

Keprihatinan akan hal ini telah meningkat beberapa minggu terakhir.

Dikutip dari South China Morning Post, ketegangan antara China dan AS yang sudah tegang akibat perdagangan, teknologi dan Laut China Selatan, semakin bertambah akibat protes Beijing terkait ikatan Washington dan Taipei.

Beijing juga memprotes aktivitas militer yang dilakukan Washington di dekat Taiwan minggu lalu.

Baca Juga: Terlalu Dimanjakan Teknologi, Pasukan Khusus AS Bisa dengan Mudah 'Dilumpuhkan' Pasukan Khusus TNI