Find Us On Social Media :

Manfaat Konsumsi Ketumbar Melindungi Jantung Anda dari Kerusakan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 7 Juli 2020 | 16:00 WIB

Manfaat biji ketumbar untuk kesehatan jantung.

Intisari-Online.com – Jantung adalah organ tubuh yang sangat halus, dan merawatnya adalah penting.

Salah satu makanan terbaik yang dapat Anda makan untuk menjaga kesehatan jantung dan melindunginya dari gagal jantung adalah ketumbar (Coriandrum sativum).

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dietary Supplements menemukan bahwa ramuan ini menawarkan efek perlindungan terhadap gagal jantung.

Para peneliti di Institut Ilmu dan Penelitian Medis (HIMSR) Hamdard dan Universitas Jamia Millia Islamia di India melakukan penelitian pada tikus untuk melihat efek terapi dan perlindungan dari ekstrak ketumbar terhadap gagal jantung.

Baca Juga: Manfaat Sehat dari Biji dan Minyak Ketumbar, Termasuk Obati Bapil

Untuk penelitian tersebut, mereka memberikan isoproterenol pada tikus untuk menginduksi gagal jantung. Isoproterenol adalah obat sintetis yang dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dan peningkatan curah jantung.

Setelah dua minggu sejak pemberian isoproterenol, tikus mengalami gagal jantung karena mereka mengalami kerusakan parah pada fungsi ventrikel kiri, mengurangi sensitivitas baroreflex, dan perubahan signifikan dalam aliran darah dan profil lipid.

Ventrikel kiri bertanggung jawab untuk memompa darah beroksigen ke jaringan di seluruh tubuh, sementara sensitivitas baroreflex membantu mengatur tekanan darah.

Tikus dengan gagal jantung juga mengalami peningkatan peroksidasi lipid, yang merusak membran sel, lipoprotein, dan molekul lain yang mengandung lipid, dan peningkatan ekspresi reseptor endotelin.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketumbar untuk Sehat, Termasuk Kesehatan Tulang dan Ini!