Find Us On Social Media :

5 Manfaat Menambahkan Aromatik Daun Ketumbar dalam Makanan Sehari-hari

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 26 Juni 2020 | 16:15 WIB

Daun ketumbar

Intisari-Online.com – Ketumbar, bahan yang harus dimiliki dalam masakan India, secara ilmiah disebut Coriandrum sativum dan milik keluarga Apiaceae, yang secara alami merupakan pembangkit tenaga nutrisi.

Daun tanaman ketumbar adalah bagian tak terpisahkan dari masakan India, baik itu dalam sup, salad, rasams, kari, dan dal, karena warna hijau yang cerah dan aroma menyenangkan dari tangkai.

Selain itu, mereka memberi manfaat kesehatan yang sangat besar termasuk mengatur kadar gula darah, melindungi hati dan ginjal dan memberikan sifat antioksidan yang berguna.

Tanaman ketumbar adalah tanaman asli dari banyak negara di dunia, yang banyak dibudidayakan di Eropa serta sebagian Afrika dan Asia.

Baca Juga: Manfaat Menambahkan Segelas Jus Daun Ketumbar untuk Diet Harian Anda

Dalam beberapa kali, ada penekanan pada tanaman obat dengan nilai gizi kuat, untuk digunakan dalam mengobati kondisi kronis seperti diabetes dan obesitas.

Ini telah menyebabkan naturalisasi dan perbanyakan tanaman ketumbar atau ketumbar di beberapa negara barat juga, termasuk daerah yang lebih hangat di Amerika Utara dan Australia.

Ketumbar pada dasarnya adalah tanaman lunak, pada ketinggian 50 meter.

Batang hijau memiliki daun lebar yang berkembang menjadi bunga merah muda putih atau pucat.

Baca Juga: Manfaat Biji dan Daun Ketumbar untuk Kulit yang Cantik dan Sehat