Find Us On Social Media :

Hadapi Corona: Tips Bila Harus Bepergian dengan Pesawat Selama Pandemi

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 2 Juli 2020 | 14:55 WIB

Hadapi corona: tips bila harus bepergian dengan pesawat selama pandemi.

Intisari-Online.com – Pada hari yang baik, pesawat, kereta api, dan bus adalah pabrik kuman, karena pada dasarnya semua pilihan transportasi lain untuk membawa sekelompok orang dari satu tempat ke tempat lain.

Tetapi sekarang, dengan meningkatnya kasus global dari coronavirus baru, Anda mungkin lebih khawatir tentang bepergian, apakah itu naik pesawat atau mengambil angkutan massal untuk bekerja setiap hari.

Jadi bagaimana Anda bisa melindungi diri sendiri jika pesawat, kereta api, atau bus ada di masa depan Anda?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa coronavirus baru sebagian besar tampaknya disebarkan melalui tetesan pernapasan yang dapat memasuki sistem Anda melalui bagian tubuh seperti hidung atau mulut selama kontak dekat dengan seseorang yang menderita penyakit tersebut.

Baca Juga: Hadapi Corona: 13 Tempat yang Sebaiknya Tidak Didatangi Selama Pandemi

Sayangnya, mungkin juga (walaupun kecil kemungkinannya) bagi seseorang yang tidak memiliki gejala untuk menyebarkan penyakit, atau bagi Anda untuk sakit dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi (seperti jika seseorang dengan penyakit tersebut batuk ke tangan mereka dan kemudian menyentuh pegangan, dan pegangan tidak dibersihkan dengan benar).

Sementara kebanyakan orang yang mendapatkan coronavirus baru akan menghadapi gejala ringan dan sembuh, kemungkinan tertular penyakit, dan berpotensi menularkannya kepada orang yang lebih rentan terhadap komplikasi, seperti orang lanjut usia, bukanlah sesuatu yang diinginkan siapa pun.

Karena isolasi sosial sangat tidak mungkin dilakukan di pesawat atau bus (kami berharap), kami mempelajari rekomendasi CDC dan WHO dan berbicara dengan ahli virologi dan epidemiologi untuk memahami cara terbaik mengurangi risiko Anda.

Kiat-kiat berikut adalah tentang mengurangi paparan Anda terhadap virus, tetapi juga penting untuk memikirkan implikasi kesehatan masyarakat yang lebih besar dari bepergian saat ini,  terutama jika Anda sendiri merasa sedikit di bawah cuaca atau mungkin telah terpapar baru-baru ini.

Baca Juga: Hadapi Corona: Kiat Hindari Covid-19 Kala Harus Bekerja di Kantor