Find Us On Social Media :

Salah Jika Anda Mengira Gejala Covid-19 'Hanya' Batuk Kering, Gejala-gejala Tidak Biasa ini Juga Tunjukkan Infeksi Virus Corona, Pernah Mengalami?

By Maymunah Nasution, Kamis, 2 April 2020 | 12:55 WIB

Sangat Membantu Tenaga Medis, Alat Kecerdasan Buatan Ini Bisa Prediksi Pasien Covid-19 dengan Masalah Pernafasan Terparah

Intisari-online.com - Sangat banyak virus di alam semesta ini, dan yang paling banyak adalah jenis coronavirus dengan berbagai mutasinya.

Sampai saat ini dikenal 7 virus Corona yang berbahaya bagi manusia: 4 virus Corona yang sebabkan endemi influenza di negara empat musim, 2 virus Corona penyebab penyakit SARS dan MERS.

Yang terakhir adalah virus Corona mutasi baru SARS-CoV-2 yang sebabkan pandemi penyakit Covid-19 (Coronavirus disease 2019).

Masih banyak yang perlu dipelajari tentang virus corona yang telah menyebabkan pandemi penyakit baru Covid-19, termasuk tentang gejala infeksi yang ditimbulkan.

Baca Juga: Mungkin Sering Terabaikan, Ini Gejala-gejala 'Tidak Biasa' Infeksi Virus Corona yang Juga Dikeluhkan Pasien Positif Covid-19

Selama ini, gejala Covid-19 yang khas dan paling umum adalah batuk kering, demam, dan kesulitan bernapas.

Meskipun ada juga sejumlah orang yang terinfeksi virus corona tanpa memiliki gejala sakit sama sekali.

Penelitian menunjukkan proporsi yang signifikan dari orang yang menunjukkan gejala lain lebih dulu, seperti diare atau kehilangan fungsi indera penciuman dan rasa.

Melansir dari Kompas.com dan Sciecne Alert, Rabu (1/4/2020), berikut ini gejala Covid-19 dari infeksi virus corona yang kurang dibahas.

Baca Juga: Tempo Scan Group Donasikan Rp17,5 Miliar untuk Bantu Menangani Wabah Virus Corona di Indonesia