Find Us On Social Media :

Lagi-lagi Kalah dari Wajib Pajak di Pengadilan, Pemerintah Indonesia Sudah 'Kehilangan' Rp133 Triliun Sepanjang 2019, Penerimaan Pajak Ikut Melempem?

By Ade S, Selasa, 19 November 2019 | 17:18 WIB

kriteria wajib pajak yang jadi sasaran pemeriksaan petugas

 

Intisari-Online.com - Pengadilan Pajak dan Mahkamah Agung baru saja memutuskan wajib pajak (WP) berhasil mengalahkan otoritas perpajakan dalam beberapa kasus.

Akibat keputusan tersebut, maka otoritas perpajakan harus mengembalikan pajak atau restitusi pajak sebesar Rp22 triliun kepada WP.

Bahkan secara total, pemerintah telah 'kehilangan' ratusan triliun akibat kalah dari WP di pengadilan.

 

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo menyampaikan secara teknis pihaknya selalu melakukan pengawasan terlebih dahulu sebelum restitusi atas keputusan hukum itu.

Baca Juga: Penting! Jangan Sampai Pajak STNK Mati, Siap-siap Dipenjara atau Denda Setengah Juta Rupiah!

Secara kualitas data yang diajukan WP akan ditinjau di pengadilan pajak dan MA, sehingga hasil yang dikeluarkan objektif.

“Kalah di pengadilan, tapi kita menjalankan sebagaimana prosedur, itu hak dan kewajiban WP, monggo kita ngikutin kalau ada yang kurang pas,” ungkap Suryo, kemarin (18/11).

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengatakan kegagalan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di tingkat hukum perlu menjadi bahan evaluasi dengan mengecek pola kekalahan.

Kemudian dari sana otoritas pajak bisa membuat langkah perbaikan selanjutnya dengan meninjau kualitas data yang dimiliki.

Baca Juga: Sukses Diakuisisi, Freeport Malah Bikin Indonesia Kehilangan Pendapatan Rp1,8 Triliun, Ditjen Pajak Jadi Sorotan