Find Us On Social Media :

Ternyata, Selama Satu Tahun Ibu Tien Soeharto Pernah 'Nyuekin' Ayah Prabowo Subianto, Tender yang Kelak Bikin Tommy jadi 'Musuh Rakyat' Pemicunya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 16 November 2019 | 09:00 WIB

Sumitro Djojohadikusumo.

Intisari-Online.com – Prabowo Subianto kini bergabung dalam Kabinet di Pemerintahan Joko Widodo periode 2019-2024.

Ayahnya, yang terkenal sebagai begawan ekonomi, yaitu Sumitro Djojohadikusumo rupanya gemar mengkritik pemerintahan.

Berikut ini mengenal lebih dekat ayah Prabowo Subianto, Sumitro Djojohadikusumo, dalam tulisan yang dimuat di Majalah Intisari edisi Juli 2000 dengan judul Sumitro Djojohadikusumo; Begawan yang Gemar Mengkritik.

--

Baca Juga: Prabowo Dikabarkan Sudah Cukup dengan Kekayaannya dan Tak Mengambil Gajinya Sebagai Menteri, Simak Hal Ihwal Peraturan Gaji Menteri Berikut!

Perjalanan kariernya sangat panjang dalam dunia akademik dan pemerintahan.

Pada usia muda ia meraih gelar doktor. Umur 33 dipercaya jadi menteri. Selain menjadi guru besar UI, ia pernah menduduki pelbagai jabatan kunci di bidang ekonomi dan pemerintahan.

Tapi ia pun aktif di berbagai forum internasional memperjuangkan nasib republik ini.

Gayanya yang ceplas-ceplos dan blak-blakan menjadi ciri khas. Sebagai "begawan" ekonomi, Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo memang selalu kritis.

Setelah menjadi besan Presiden Soeharto pun ia tetap melancarkan kritik tajam terhadap jalannya roda pembangunan. Baginya, perkawinan anak laki-lakinya Letjen Prabowo Subianto dengan Siti Hediyati (putri Soeharto) pada Mei 1983 hanyalah historical accident.