Find Us On Social Media :

Bangga! Ilmuwan Asal Indonesia, Oki Gunawan, Berhasil Pecahkan Rahasia dalam Konsep Fundamental Fisika 'Hall Effect' yang Terkubur Selama 140 Tahun

By Tatik Ariyani, Rabu, 16 Oktober 2019 | 18:30 WIB

Oki Gunawan, berhasil memecahkan rahasia dalam konsep fundamental fisika “Hall Effect”

Intisari-Online.com - Sudah sepatutnya Indonesia berbangga karena satu lagi anak bangsa berhasil menorehkan prestasinya di kancah internasional.

Ialah Oki Gunawan, seorang ilmuwan muda asal Indonesia yang berhasil memecahkan rahasia dalam konsep fundamental fisika 'Hall Effect' yang telah terkubur selama 140 tahun.

Sekilas mengenai Oki Gunawan, ia menerima gelar Ph.D. dan MA dari Universitas Princeton (Teknik Elektro) dan M.Eng dan B.Eng (kelas satu) dari Nanyang Technological University, Singapura (Teknik Elektro).

Pada tahun 2007, ia bergabung dengan IBM sebagai ilmuwan postdoctoral dan saat ini menjadi Anggota Staf Penelitian di Departemen Ilmu Fisika di IBM Thomas J Watson Research Center.

Baca Juga: Penilitian Gelap Ilmuwan Rusia, Berhasil Ciptakan 'Kuda Super' Lalu Coba Hibrida Manusia-Kera

Ia telah menulis dan turut menulis lebih dari 50 publikasi dan memegang 26 paten AS dan internasional serta lebih dari 10 aplikasi paten yang tertunda, 3 di antaranya telah dilisensikan.

Ia menerima penghargaan IBM Master Inventor 2019, Achmad Bakrie Award 2013 (Indonesia, kategori ilmuwan muda), IBM Invention Achievement Award (dataran tinggi ke-8), IBM Division Division Award (2010), IBM New Hire Patent Award (2009), IBM New Hire Patent Award (2009) dan AT&T Asia Pacific Leadership Penghargaan (2000).

Ia juga pernah menjabat sebagai ketua tim Olimpiade Fisika Indonesia di IPhO Italia 1999, IPhO Inggris 2000 dan sebagai pemimpin tim di APhO Indonesia 2000.

Satu lagi prestasi baru dari Oki Gunawan terbukti dalam sebuah makalah baru yang mengatakan fisikawan telah menemukan cara untuk mengakses informasi fisika yang telah tersembunyi selama 140 tahun.

Baca Juga: Ilmuwan Ini Biarkan Lengannya Digigit Ular Piton Besar hingga Berdarah, Ternyata Ini Tujuannya