Find Us On Social Media :

Sudah Rajin Olahraga Lari Tapi Kok Berat Badan Tidak Turun Juga, Apa ya Penyebabnya?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 Juli 2019 | 06:00 WIB

Olahraga lari

Intisari-Online.com – Bagi mereka yang merasa berat badannya berlebih, maka usaha yang sering dilakukan untuk menurunkannya adalah mengubah pola makan dan berolahraga.

Salah satu olahraga yang menjadi pilihan banyak orang adalah lari. Selain mudah dilakukan, olahraga ini juga tidak memerlukan banyak biaya dan cukup efektif dalam membakar kalori.

Pada kenyataannya terkadang tidak sesuai dengan harapan. Sudah rajin lari tapi ternyata tidak mudah juga menurunkan berat badan.

Ketika hal ini terjadi, Anda mungkin merasa kesal dan frustrasi. Padahal, ada alasan di balik itu semua.

Baca Juga: Ini 3 Fakta Soal Olahraga Lari yang Salah Kaprah, Salah Satunya Soal Kompres Es saat Kram

Pastikan Anda menghindari sembilan hal berikut agar target penurunan berat badanmu bisa dicapai dengan rajin berlari.

1. Makan terlalu banyak

Ketika memulai program olahraga seperti lari, tubuh cenderung ingin mengganti kalori yang hilang.

Ahli gizi teregistrasi, Jessica Levings dari Balaced Pantry menjelaskan, kondisi itu seringkali membuat kita menjadi lebih lapar sehingga makan terlalu banyak.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Harus Dikonsumsi Setelah Olahraga Lari, Simpel Kok

Atau bisa juga, Anda memiliki pola pikir dimana makanan lebih adalah hadiah bagimu yang sudah berhasil mencapai target lari tertentu.

Ahli gizi teregistrasi dari Eat Well, Live Well, Kristin Koskinen menjelaskan, jika kita hanya membakar 300 kalori dari lari dan mengkonsumsi 300 kalori setelahnya, kita tentu tidak akan berhasil menurunkan berat badan. J

essica merekomendasikan agar kita berkonsultasi dengan ahli gizi sehingga bisa mendesain rencana makan sesuai dengan kebutuhan kalori dan target berat badan individu.

Banyak orang berpikir bahwa makan lebih sedikit karbohidrat dan tinggi protein adalah kunci menurunkan berat badan.

Baca Juga: Sedang Tren, Ternyata Olahraga Lari Punya 6 Manfaat Hebat untuk Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker